4 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ovarium
ask dr laurier

4 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ovarium

4 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ovarium

05 Dec 2019

4 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ovarium

Girls, kamu pasti udah nggak asing lagi kan, sama kata “indung telur”? Tapi kamu tau nggak sih, indung telur itu apa? Nah, indung telur atau dalam bahasa latin disebut ovarium adalah organ reproduksi perempuan yang berfungsi untuk menyimpan dan mematangkan sel telur. Posisi indung telur ada di dalam rongga panggul sebelah kiri dan kanan, ukurannya juga relatif kecil yaitu 4 x 3 x 2 cm.

Di tengah siklus menstruasi antara hari ke 12 – 16 (tergantung siklus menstruasi setiap perempuan) indung telur yang kiri dan kanan akan bergantian untuk melepaskan sel telur yang udah matang, dan nantinya keluar melalui saluran tuba fallopi menuju ke rahim. Masa ini dikenal sebagai masa subur. Selain memelihara sel telur, indung telur juga berfungsi sebagai pembentuk hormon reproduksi estrogen dan progesteron.

Hormon estrogen berfungsi sebagai pembentuk tubuh perempuan supaya berbeda secara nyata dengan laki-laki dan mematangkan seluruh fungsi reproduksi. Sedangkan, hormon progesteron berperan menyiapkan rahim untuk perkembangan janin dan menyiapkan kelenjar ASI di payudara untuk kebutuhan bayi yang akan lahir. Hormon estrogen dan progesteron secara bersamaan akan mengatur siklus menstruasi dan merangsang terjadinya perubahan siklus reproduksi.

Supaya indung telurmu selalu sehat dan berfungsi dengan baik, kamu harus menjaganya dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan sehat yang disarankan para ahli dan bisa kamu coba, Girls!

  • Lemak yang sehat. Jenis lemak ini dikenal sebagai lemak tak jenuh. Ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat adalah contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh.
  • Jeruk dan sayuran berwarna orange. Antioksidan banyak terkandung pada buah dan sayuran yang berwarna orange. Kamu bisa memperoleh antioksidan yang cukup untuk tubuhmu dengan mengonsumsi jeruk, wortel dan paprika kuning.
  • Biji-bijian. Salah satu syarat kesehatan indung telur adalah keseimbangan kadar insulin. Kalau kadar insulin berlebihan, maka fungsi indung telur bakal terganggu. Oatmeal, roti gandum, nasi merah, dan popcorn lebih baik untuk indung telur dibandingkan nasi putih.
  • Vitamin B6. Kalau tubuhmu kekurangan vitamin B6, maka produksi estrogen akan sangat tinggi dan bisa mengganggu proses pematangan sel telur secara teratur. Makanya, disarankan banget untuk kamu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 seperti brokoli, alpukat, kentang dan bayam.

Yuk, mulai sekarang coba rajin mengonsumsi jenis makanan di atas, Girls! Supaya fungsi indung telurmu tetap terjaga dengan baik, karena indung telur sangat berperan penting untuk masa depanmu lho!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya mereka juga tau gimana cara menjaga indung telurnya!

Related Articles
Adulthood
03 Dec 2019

Area Genital Berbau, Normal Nggak ya?

Aroma organ genital itu memang khas banget lho, Girls. Faktor dominan yang memengaruhi aroma genital...
Adulthood
12 Aug 2019

Kapan Masa Suburku?

Kamu dan pasanganmu lagi merencanakan kehamilan? Pastinya kamu perlu banget info tentang masa subur ...
Adulthood
03 Oct 2019

Stres Bisa Pengaruhi Kesuburan

Kiani Taylor, Ph.D dan teman-temannya, para ahli epidemiologi Ilmu Kesehatan dan Informasi dari Emor...