Nutrisi Tepat Bikin Semangat
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Nutrisi Tepat Bikin Semangat

Nutrisi Tepat Bikin Semangat

23 Sep 2019

Nutrisi Tepat Bikin Semangat

Fyi nih, Girls, kadar hormon yang berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi ternyata bisa memengaruhi seluruh tubuh dan mekanisme fungsi tubuhmu lho. Nggak cuma itu aja, tapi stamina kamu juga bisa dipengaruhi. Makanya, pemilihan nutrisi yang tepat di setiap fase siklus menstruasi adalah kunci untuk mempertahankan staminamu supaya tetap prima.

Siklus menstruasi sebenarnya terdiri dari empat periode, yaitu:

  • Periode menstruasi (saat terjadi perdarahan)
  • Periode folikuler
  • Periode ovulasi
  • Periode luteal

Pada setiap periode menstruasi, komposisi hormon bakal berubah dan pastinya sangat menentukan jenis makanan yang tepat untuk menjadi bahan bakar tubuh mempersiapkan stamina supaya tetap prima. Nah, hal inilah yang perlu banget kamu perhatikan, Girls!

  • Periode menstruasi dan folikuler

Diawali dari periode menstruasi sampai akhir periode folikuler, hormon reproduksi yang dominan adalah estrogen. Pada periode ini, tubuh cenderung menyimpan karbohidrat dan membakar lemak. Artinya, tubuhmu memerlukan lebih banyak karbohidrat dan asupan protein standar. Karena pada periode ini terjadi perdarahan menstruasi, kamu juga sebaiknya memenuhi asupan zat besi dan vitamin C untuk tubuh.  Jenis makanan yang tepat dikonsumsi sepanjang periode ini adalah oatmeal, kacang merah, kacang kedelai, lentil, daging unggas, strawberry, dan jeruk.

  • Periode ovulasi dan luteal

Pada dua periode terakhir ini, hormon reproduksi yang dominan adalah progesteron. Dampak yang dialami tubuh adalah muncul rasa lapar, dan pada saat yang bersamaan sistem metabolisme juga bekerja lebih cepat membakar kalori. Kondisi ini perlu diantisipasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dan protein, tapi mengurangi sedikit karbohidrat. Jenis makanan yang tepat dikonsumsi adalah alpukat, almon, kacang mete, olahan biji cokelat, ikan salmon, ikan makarel, dan daging sapi.

Pola makan yang mempertimbangkan kebutuhan tubuh dan kadar hormon yang dominan sesuai periode siklus menstruasi ini, akan membuat tubuhmu jadi lebih sehat dan nggak gampang capek. Kamu juga bisa selalu aktif kapanpun, tanpa diganggu sama siklus menstruasi. Makan enak, aktivitas juga jadi nyaman! Betul kan, Girls?

Yuk, share info ini ke teman-teman dekatmu, supaya mereka tau caranya mengatur pola makan selama siklus menstruasi!

Related Articles

Adulthood
29 May 2019

6 Langkah Atasi Ruam di Area Vagina

Girls, kamu harus hati-hati lho, ternyata kelembapan yang dialami kulit sekitar vagina pas lagi mens...
Adulthood
20 Jun 2019

Apa sih, yang Bikin Siklus Menstruasiku Tertunda?

Girls, kamu harus tau ya, kalau siklus menstruasi setiap cewek itu beda-beda, tergantung dari kadar ...
Adulthood
06 Dec 2019

Kista Itu Bisa Tumbuh Dimana Aja sih?

Kamu pasti sudah nggak asing lagi kalau mendengar kata “kista”, benar nggak, Girls? Tapi...