Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks
ask dr laurier

Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks

Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks

12 Dec 2019

Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks

Girls, ingat ya, semua jenis kanker sangat berbahaya! Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker adalah pembunuh terbesar kedua setelah gangguan jantung yang terjadi pada perempuan. Eits, tapi ada kabar gembira nih, untuk para perempuan tentang pencegahan penyakit kanker. Sekarang ini ternyata udah ada imunisasi yang bisa mencegah kanker serviks (leher rahim) lho!

Serviks adalah bagian bawah rahim yang berhubungan langsung dengan vagina. Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Letak leher rahim memang paling terekspos dengan dunia luar, sehingga ada berbagai faktor yang dianggap sebagai faktor yang menyertai terjadinya kanker serviks, seperti multiparitas, merokok, kontrasepsi hormonal, penyakit hubungan seksual, dan faktor nutrisi.

Btw, sekarang di negara maju, kanker serviks udah mengalami penurunan berkat program deteksi dini melalui pap smear. Metode ini berhasil menurunkan tingkat kematian sampai 50%.

Di dalam dunia medis, vaksinasi dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk mencegah inkubasi virus di dalam tubuh manusia, termasuk HPV, virus penyebab kanker serviks (leher rahim). Vaksinasi sama seperti imunisasi yang selama ini dikenal, yaitu diberikan melalui suntikan yang akan membentuk kekebalan tubuh dan sebagai pertahanan terhadap masuknya virus HPV ke dalam leher rahim. Sehingga, virus HPV nggak akan bisa masuk apalagi tumbuh dan membesar di dalam tubuh.

Nah, imunisasi HPV akan diberikan pada perempuan usia 12 - 14 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali berturut-turut di bagian lengan. Imunisasi ini dilakukan setiap dua bulan sekali dan dilakukan pengulangan satu kali lagi pada sepuluh tahun kemudian. Tau nggak sih, kemudahan dalam hal pemberian vaksin dan tingginya angka keberhasilan menjadi keunggulan dalam metode pencegahan ini lho! Vaksin HPV bisa bekerja secara efektif di dalam tubuh perempuan di semua umur, tapi dengan catatan perempuan tersebut belum pernah terinfeksi oleh HPV.

Nah, kalau umurmu udah lebih dari 12 tahun, sebaiknya langsung lakukan vaksin HPV ya, Girls! Dibanding terlambat, lebih baik mencegahnya sebelum terjadi kan? Be aware and stay healthy!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, biar mereka juga tau info ini!

Related Articles
Healthy Body
03 Dec 2019

Berapa Kali Aku Harus Melakukan Paptest?

Para ahli kesehatan udah lama banget menganjurkan supaya perempuan selalu melakukan paptest (atau di...
Healthy Body
20 Jun 2019

Undies Bersih, Miss V-ku Sehat!

Kamu masih ingat saat pertama kali mengalami menstruasi? Biasanya, ibulah yang mengajarkanmu memakai...
Healthy Body
09 Jun 2021

Konsumsi Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

Hai girls, kalian tahu gak sih kalau hampir semua perempuan pasti pernah merasakan siklus menstruasi...