Apakah Minum Kopi Dilarang Saat Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Apakah Minum Kopi Dilarang Saat Menstruasi? 

Apakah Minum Kopi Dilarang Saat Menstruasi? 

28 Jun 2021

Apakah Minum Kopi Dilarang Saat Menstruasi? 

Tidak jarang orang menyukai kopi, termasuk perempuan. Bahkan beberapa diantaranya menjadikan kopi sebagai minuman favorit. Tapi, kopi menjadi salah satu minuman yang cukup kontroversi untuk kondisi tubuh seseorang. Misalnya, kalau dia punya gangguan di lambung dan sedang menstruasi. Kamu pernah denger gak, kalau saat menstruasi, perempuan dilarang minum kopi? Ternyata eh ternyata, ini bukan sembarangan larangan aja lho. 

Biar gak kepo, yuk intip informasi tentang kopi terlebih dahulu. Minuman yang sekarang ini sedang tren bahkan jadi salah satu gaya hidup masyarakat kota, memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan spesies, letak tumbuh, dan proses pembuatannya. 

Jenis-jenis kopi berdasarkan spesies, dibagi menjadi kopi Arabika, Robusta, dan Liberika. Diantara ketiganya, kopi arabika jauh lebih aman untuk lambung karena kadar kafein dan asam klorogenatnya lebih rendah. Sedangkan, di Indonesia ada beberapa jenis kopi yang dinamakan berdasarkan lokasi tumbuh seperti Kopi Gayo, Sidikalang, Kintamani, Toraja, Bajawa, dan Java Preanger. Dari cara pembuatannya, kopi dibagi menjadi dua yaitu espresso based dan manual brew. 


Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Bukan hanya sebagai minuman hype saja, kopi memiliki berbagai manfaat yang ternyata baik untuk kesehatan. 

  1. Membuat bahagia 
    Siapa yang abis ngopi tiba-tiba bahagia atau ngerasa happy? Ternyata menurut penelitian, meminum kopi dapat membuat emosi menjadi lebih positif, tenang, dan bahagia. Studi di Harvard menunjukan sekitar 50.000 perempuan mengalami penurunan risiko depresi karena mengkonsumsi kopi berkafein. 

  2. Menjaga imunitas tubuh
    Kopi mengandung banyak antioksidan. Kandungan yang terdapat dalam kopi seperti asam klorogenat dan polifenol terbukti dapat mengurangi peradangan dan bahkan bisa mencegah obesitas. Kalau semenjak sering meminum kopi kamu jadi tambah gemuk, mungkin penggunaan susu dan gula dalam kopi kamu terlalu berlebihan. 

  3. Mengurangi risiko penyakit kronis 
    Bukan cuma obesitas saja, kopi juga bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Para peneliti mengatakan kalau efek dari antioksidan ternyata bisa meningkatkan pembakaran kalori dan melindungi usus dari mikroba serta penyakit kronis seperti diabetes tipe 2. Bukan hanya itu, meminum kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer di usia tua, penyakit stroke, dan risiko gagal jantung.

  4. Menjaga performa
    “Ngopi dulu lah biar seger” “Ngopi dulu lah biar gak ngantuk” 2 kalimat ini pasti sering banget kamu denger kan? Kopi dengan kandungan kafein memiliki manfaat yang bisa memperbaiki ingatan dan membuat kamu terjaga setelah mengkonsumsinya. Jadi, anti loyo dan ngantuk club setelah minum kopi. Oh iya, perlu diingat batas maksimal konsumsi kafein 400 mg atau setara dengan 3-5 cangkir kopi setiap harinya. 

  5. Meningkatkan efektivitas saat berolahraga 
    Kalau kamu mengkonsumsi kopi dengan ukuran yang wajar, kamu bisa meningkatkan efektivitas saat berolahraga lho karena kopi melancarkan sirkulasi, menguatkan otot, dan menurunkan rasa sakit. Pada beberapa atlet, meminum kopi setelah olahraga dipercaya dapat menghasilkan glikogen otot untuk menyimpan kalori sehingga untuk berolahraga lagi akan terasa mudah dan bersemangat. 

  6. Menghilangkan dehidrasi 
    Beberapa penelitian menyebutkan kopi merupakan minuman yang bersifat diuretik, artinya memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan. Tapi, ada penelitian yang menyebutkan dengan meminum kopi kafein selama 4 hari, tubuh tidak akan dehidrasi. Jadi, kuncinya adalah konsisten. Dengan konsisten dan tidak berlebihan, kopi dianggap mampu mencegah dehidrasi. 

 

Dibalik manfaat yang baik untuk kesehatan, ternyata ada beberapa risiko yang bisa terjadi jika meminum kopi saat menstruasi khususnya buat perempuan yang sensitif terhadap kopi dan meminumnya secara berlebihan. 

Perut Tidak Nyaman

Pada dasarnya, kopi bersifat asam dan dapat membuat perut terasa kembung. Kopi juga bisa meningkatkan asam lambung lho. Saat asam lambung naik, akan ada sensasi panas di ulu hati, mual, dan perut tidak enak yang bikin kamu gak akan nyaman ketika sedang menstruasi. 

Nyeri Saat Menstruasi Makin Parah 

Double kill, mungkin itu sebutan untuk orang yang sensitif terhadap kopi dan meminum kopi saat menstruasi. Kopi mengandung kafein yang dapat menyempitkan pembuluh darah. Penyempitan ini membuat aliran darah jadi kurang lancar dan mengurangi suplai oksigen. Seperti yang telah diketahui, kurangnya oksigen bisa menyebabkan rasa nyeri sehingga nyeri saat menstruasi akan semakin parah. 

Moody-an 

Bukan Moody yang baru saja lulus S2 dari Stanford, moody di sini artinya mood atau perasaan hati kamu jadi cepat berubah-ubah. Meminum kopi saat menstruasi membuat perempuan menjadi gampang cemas. 

Insomnia 

Istirahat menjadi salah satu obat atau cara meredakan sakit/nyeri saat menstruasi. Saat kamu meminum kopi saat menstruasi 6 jam sebelum tidur, dapat membuat kamu terjaga dan jadi susah tidur yang pada akhirnya nyeri/sakit saat mensruasi jadi tak tertahankan. 

 

Nah, itu dia manfaat kopi untuk kesehatan dan risikonya jika dikonsumsi saat menstruasi. Sebenarnya, asal kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan dan memiliki pola makan yang sehat dan teratur, kopi masih aman diminum terutama kopi yang disajikan dingin. Semakin dingin suhu kopi, maka pHnya akan semakin basa dibanding kopi yang diseduh dengan air panas. Air panas akan membuat asam dari kopi menjadi lebih pekat. Jadi, jika kamu sensitif dan tidak bisa menikmati kopi yang terlalu asam, es kopi bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Jika masih tidak memungkinkan, kamu bisa ganti menu minuman dengan teh jahe, teh kamomil, dan teh dengan ekstrak kayu manis. Ketiga minuman ini dapat membantu meredakan nyeri, melemaskan saraf sehingga otot yang kejang bisa menjadi rileks, serba meredakan mual dan muntah saat menstruasi. 

Sama dengan kopi, saat menstruasi kamu juga wajib memilih pembalut yang tepat berdasarkan kebutuhan kamu. Salah satu produk dari Laurier ini, cocok banget buat kamu yang pas lagi menstruasi, darahnya mengalir tiada henti dan super deras. 

Pembalut ini tersedia untuk segala jenis ukuran mulai dari size S hingga XL, jadi cocok untuk semua bentuk tubuh. Buat yang suka worry tembus saat malam, mana suaranya? Eits, gak akan worry lagi kalau pakai pembalut yang satu ini. Memiliki daya serap 5x pembalut malam, dengan desain 360 derajat seperti celana, bisa melindungi sampai ke pinggul. Anti bocor semalaman!

 

Related Articles

Healthy Body
12 Dec 2019

Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks

Girls, ingat ya, semua jenis kanker sangat berbahaya! Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kank...
Healthy Body
14 Nov 2020

Pentingnya Kesehatan Reproduksi Buat Cewek

Kesehatan reproduksi pada wanita merupakan yang hal penting untuk dijaga. Walau kadang sering dilupa...
Healthy Body
19 Mar 2022

Ketahui Manfaat Daun Sirih pada Pembalut

Seiring perkembangan zaman, kini pembalut sudah banyak macam dan variannya. Berbagai bahan dan tekno...