ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Keputihan Berwarna Hitam? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya, Yuk!

Keputihan Berwarna Hitam? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya, Yuk!

30 May 2024

Keputihan Berwarna Hitam? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya, Yuk!

Keputihan normal terjadi pada setiap wanita dan biasanya muncul menjelang atau setelah menstruasi serta di masa subur. Keputihan berfungsi menjaga area kewanitaan supaya tetap bersih, lembap, dan melindungi dari infeksi. Warna keputihan yang normal adalah transparan, jernih, dan cair seperti air sekaligus lengket.

Namun demikian, sebagian dari wanita ternyata ada juga yang bisa mengalami keputihan berwarna hitam, lho, Girls. Hmm, kenapa keputihan bisa berwarna hitam, ya? Cek penjelasan lengkapnya di sini, yuk!

Baca Juga: Ini Alasan Muncul Keputihan Terutama Menjelang Menstruasi

Penyebab Keputihan Warna Hitam

Melansir dari laman Very Well Health, keputihan yang terlihat lebih gelap atau kehitaman bisa jadi tanda dari awal atau akhir dari menstruasimu. Biasanya, darah di dalam rahim membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar sehingga menyebabkan aliran darah menstruasi jadi lebih lambat.

Akibatnya, darah yang semulanya berwarna merah berubah jadi kehitaman atau cokelat tua. Selain itu, keputihan berwarna hitam ini juga bisa disebabkan karena adanya sisa darah dari periode menstruasi sebelumnya. Serta, ada juga kemungkinan lain yang jadi penyebab keputihan bisa berwarna hitam, seperti:

Infeksi bakteri

Bakteri (jamur) yang muncul di area kewanitaan bisa mengakibatkan infeksi, lho. Infeksi ini ditandai dengan berubahnya warna keputihan, termasuk itu jadi berwarna hitam. Infeksi bakteri ini, meliputi:

  • Gonore, penyakit menular seksual yang ditandai dengan munculnya nanah di urin. Penyakit ini umumnya disebabkan karena infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae.
  • Klamidia, penyakit menular seksual yang diakibatkan infeksi bakteri Chlamydia Trachomatis. Penyakit ini sering kali tidak menimbulkan gejala serius karena itulah banyak yang tidak menyadari kemunculannya.
  • Vaginosis bakterialis, penyakit yang mengakibatkan keputihan pada wanita dan kemunculannya disebabkan karena bakteri Gardnerella Vaginalis.

Pelvic Inflammatory Disease (PID)

Menurut Very Well Health, keputihan berwarna hitam bisa juga disebabkan karena Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau lebih dikenal dengan penyakit radang panggul. Kondisi ini muncul karena adanya infeksi pada organ reproduksi wanita, mulai dari saluran tuba, ovarium, dan rahim.

Gejala umum yang ditimbulkan penyakit radang panggul ini, di antaranya: demam, nyeri di perut bagian bawah dan panggul, pendarahan selama dan setelah berhubungan seksual, sensasi terbakar saat buang air kecil, keputihan berbau tidak sedap, dan pendarahan di antara periode menstruasi.

Baca Juga: Girls, Tahukah Kamu Beda Ketuban Rembes & Keputihan? Yuk, Cek di Sini!

Benda Asing Tersangkut

Adanya benda asing yang tersangkut di dalam vagina juga bisa menjadi pemicu keputihan berwarna hitam, lho. Benda asing tersebut misalnya menstrual cup dan tampon. Apabila benda asing ini tidak segera dikeluarkan dari dalam vagina, maka bisa mengakibatkan lapisan vagina menjadi iritasi.

Bahkan, bisa juga menyebabkan muncul infeksi yang ditandai dengan keputihan berwarna hitam, gatal di area vagina, kesulitan ketika buang air kecil, hingga vagina berbau tidak sedap.

Related Articles

Healthy Body
03 Oct 2022

Ukuran Payudara Tidak Sama, Apakah Ini Hal yang Normal?

Girls, pernahkah kamu berkaca dan memerhatikan payudara dengan saksama? Bila pernah dan mendapati pa...
Healthy Body
10 Jan 2020

Undies yang Paling Pas Buat Traveling!

Girls, salah satu hal yang penting dipikirkan pas kamu lagi packing untuk traveling pastinya baju ya...
Healthy Body
16 Jun 2022

Girls, Pernah Dengar Istilah Turner Syndrome?

Turner syndrome adalah salah satu kondisi kesehatan yang hanya terjadi pada perempuan. Mengutip situ...