Usia Bertambah, Payudara Berubah
ask dr laurier

Usia Bertambah, Payudara Berubah

Usia Bertambah, Payudara Berubah

01 May 2019

Usia Bertambah, Payudara Berubah

Kamu pasti sadar kan, Girls, semakin dewasa pasti perubahan fisikmu semakin keliatan. Nah, ternyata perubahan fisik yang terjadi seiring kematangan usia biologis adalah efek degeneratif yang dialami sama tubuh. Kalau ngomongin perubahan fisik, pastinya payudara nggak bakal kelewat. Iya, kan? Selain bentuk, hal yang lebih penting harus diperhatikan dari payudara adalah kesehatannya. Semakin bertambah usia, maka kondisi dan cara merawat payudara juga bakalan beda. Masa, sih? Yuk, simak infonya di bawah ini:

USIA 20

  • Kondisi payudara

Belum banyak lemak yang mengisi rongga antara kelenjar-kelenjar payudara, selain itu jaringan penghubung yang dikenal dengan nama Copper's ligament, yaitu otot penghubung antara rongga dada dan payudara, juga masih kencang. Jadi payudara masih bisa disanggah dengan sangat baik. So, bentuk payudara pastinya masih sangat bagus.

  • Tips perawatan

  1. Hal penting yang perlu diperhatikan di usia ini adalah memakai bra sesuai ukuran dan juga memakai sport bra pas lagi olahraga, supaya payudara bisa disanggah dengan baik pas bergerak.

  2. Melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) setiap kali selesai menstruasi, dan mengunjungi Obgyn (dokter spesialis kandungan) setiap setahun sekali untuk pemeriksaan payudara.

USIA 30

  • Kondisi payudara

Biasanya, perempuan udah sempat hamil pertama kali di usia ini. Kondisi payudara yang bertambah ukurannya pas lagi hamil membuat kulit meregang, jadi terbentuk stretch mark di permukaan kulit payudara, dan keliatan kendor.

  • Tips perawatan

  1. Atur pertambahan berat badan selama hamil, supaya nggak terjadi peregangan kulit payudara jadi stretch mark nggak akan kebentuk.

  2. Ibu yang menyusui biasanya sering mengalami mastitis, yaitu pembengkakan payudara karena infeksi bakteri. Kondisi ini harus diatasi dengan obat dokter.

  3. Kalau belum hamil, pastikan supaya bobot tubuh tetap seimbang biar payudara nggak keliatan kendor, dan rutin melatih otot Copper's ligament supaya bisa menyanggah payudara dengan baik.

  4. Melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) setiap kali selesai menstruasi, dan mengunjungi Obgyn (dokter spesialis kandungan) setiap setahun sekali untuk melakukan mamografi setelah berusia 35 tahun, dan kalau ada saudara kandung perempuan atau ibu yang mengalami kanker payudara.

USIA 40

  • Kondisi payudara

Sekalipun belum pernah menyusui, di usia 40-an kelenjar ASI pasti mulai menyusut. Kondisi ini disebabkan karena perubahan kadar hormon reproduksi, jadi membuat payudara cenderung mengendor.

  • Tips perawatan

  1. Pakai push up bra untuk menjaga bentuk payudara tetap baik.

  2. Di usia menjelang menopause ini, tubuh biasanya memproduksi lebih banyak estrogen sebelum masa subur. Kondisi ini merangsang terbentuknya kista pada payudara. Kista bisa membesar sampai seukuran 2 inch, bahkan bisa diraba pakai jari.

  3. Melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) setiap kali selesai menstruasi, dan mengunjungi Obgyn (dokter spesialis kandungan) setiap setahun sekali untuk melakukan mamografi setelah berusia 35 tahun, dan kalau ada saudara kandung perempuan atau ibu yang mengalami kanker payudara.

  4. Kamu bisa melakukan mamografi pertama di usia 40 tahun, kalau nggak ada riwayat kanker payudara dari garis keturunan ibu.

Sekarang kamu tau kan, Girls, kalau semakin bertambah nya usia, maka kondisi payudara kamu juga bakalan makin berubah. Kamu harus sering merawat payudara dengan baik, supaya payudara mu tetap sehat!

Share artikel ini ke temen-temen cewek kamu, yuk! Supaya mereka juga tau gimana caranya merawat payudara yang baik. Because sharing is caring, Girls!

Related Articles
Healthy Body
25 Oct 2019

Terkena Penyakit Menular Seksual Tanpa Hubungan Intim

Mungkin kamu cuma tau kalau Penyakit Menular Seksual, atau dikenal PMS, bisa ditularkan melalui hubu...
Healthy Body
09 Jan 2020

Hal yang Akan Dialami Tubuhmu Setelah Ovulasi

Girls, kamu tau nggak? Sebenarnya setelah tubuh kamu berovulasi, indung telur melepaskan sel telur m...
Healthy Body
09 Apr 2019

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Vaksin HPV, yuk!

    Girls, kamu harus tau nih, kalau cewek yang udah aktif berhubungan seks, san...