ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Punyaku Berbeda?

Kenapa Punyaku Berbeda?

15 Oct 2019

Kenapa Punyaku Berbeda?

Kamu pernah membandingkan bentuk dan ukuran payudaramu sama teman seusiamu nggak, Girls? Pasti beda kan? Kamu mungkin sampai sekarang masih bingung dan bertanya-tanya, kenapa bisa beda ya?

Kamu harus tau nih, Girls, kalau payudara itu sebenarnya terbentuk dari 4 elemen yang berbeda, yaitu jaringan penghubung (otot), lemak, kelenjar ASI (sering disebut sebagai kelenjar payudara), dan saluran ASI. Sedangkan, bentuk payudara setiap perempuan memang berbeda-beda, ada yang bundar, memanjang atau bahkan segitiga.

Nah, variasi bentuk ini disebabkan karena 4 faktor pembentuk tersebut, yang bersifat khas pada setiap perempuan. Umumnya bentuk dan ukuran payudara bersifat genetis, biasanya payudara seorang anak perempuan akan berbentuk sama seperti payudara ibunya dan saudara perempuannya yang lain. Jadi, kamu nggak perlu cemas membandingkan bentuk dan ukuran payudaramu sama teman-temanmu ya! Kalau kamu memang ingin tau apakah ukuran dan bentuk payudaramu normal atau nggak, sebaiknya tanyakan pada ibumu, Girls.

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan tentang payudara, adalah kesehatannya. Setelah kamu memastikan terjadi perubahan ukuran payudara (mulai membesar), kamu juga harus langsung pastikan kondisi kesehatannya ya! Nggak susah kok, Girls. Kamu cukup pastikan aja kalau payudaramu nggak memperlihatkan ciri-ciri seperti berikut:

  • Benjolan yang keras
  • Bengkak, kemerahan, terasa hangat dan warna kulit di sekitarnya cenderung gelap
  • Kerutan atau bagian kulit yang masuk ke dalam
  • Gatal, dan kulit di sekitar puting payudara bersisik
  • Puting payudara tenggelam atau masuk ke payudara
  • Ada cairan yang keluar dari puting payudara
  • Rasa nyeri yang menetap, saat lewat masa menstruasi

Fyi nih, Girls, ukuran payudaramu nggak bisa diperbesar dengan krim atau lotion apapun lho! Kalau kamu mau membentuk otot dada, sebaiknya kamu rajin melakukan latihan beban. Tapi itu cuma untuk mengencangkan aja ya, karena nggak bakal bisa memperbesar ukuran payudaramu.

So, mulai sekarang nggak perlu bingung dan membanding-bandingkan payudaramu dengan temanmu ya! Karena bentuk dan ukuran payudara setiap perempuan memang berbeda-beda, Girls. Lebih baik kamu rajin memerhatikan kondisi kesehatan payudaramu, dibanding sibuk memikirkan perbedaan antara kamu dengan temanmu. Right?

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, biar mereka juga tau info ini! ‘Cause sharing is caring, dears!

Related Articles

Healthy Body
19 Aug 2019

Probiotik Atasi Infeksi Saluran Kemih

Sekalipun saluran kemih adalah bagian dari sistem pembuangan, karena berada di dalam saluran vagina,...
Healthy Body
30 Aug 2023

Mengenal SAHA Syndrome dan Ciri-cirinya!

Girls, punya keluhan dengan pertumbuhan rambut di bagian wajah, jerawat, dan rambut rontok? Mungkin ...
Healthy Body
09 Jan 2020

Dampak dari Ovulasi yang Dialami Cewek

Girls, saat tubuhmu berovulasi, indung telur akan melepaskan sel telur matang yang siap dibuahi, bia...