9 Makanan untuk Lancarkan Siklus Menstruasi
Laurier V Care Expert

9 Makanan untuk Lancarkan Siklus Menstruasi

9 Makanan untuk Lancarkan Siklus Menstruasi

08 Sep 2021

9 Makanan untuk Lancarkan Siklus Menstruasi

Siapa diantara kamu yang sering mengalami menstruasi tidak teratur? Jika kamu salah satunya, bisa jadi kamu mengalami hal tersebut karena pola makan yang salah. Mengapa demikian? Pada normalnya, siklus menstruasi terjadi di rentang 21-35 hari dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir hingga hari pertama menstruasi selanjutnya. Saat kamu mengalami siklus menstruasi tidak teratur, secara tidak langsung terjadi gangguan hormon dalam tubuh. Gangguan hormon ini bisa disebabkan oleh asupan zat gizi yang kamu konsumsi sehari-hari. 

Gizi seimbang menjadi salah satu faktor yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Orang yang mengalami kekurangan gizi karena menurunkan berat badan terlalu ekstrim, bisa menyebabkan siklus menstruasinya tidak teratur karena tubuh akan kekurangan zat gizi yang membuat hormon estrogen dan progesteron (hormon menstruasi) menjadi kacau dan berdampak pada siklus menstruasi. 

Bukan hanya pada wanita yang kekurangan gizi, siklus menstruasi juga bisa terganggu apabila wanita memiliki masalah kelebihan berat badan dan obesitas. Penumpukan lemak akan membuat tubuh kesulitan mengatur hormon menstruasi dalam tubuh. 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar siklus menstruasi kamu adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seperti berikut : 

  1. Buah-buahan 
    Adapun beberapa buah-buahan yang dapat melancarkan siklus menstruasi seperti pepaya, nanas, jeruk, stroberi, dan mangga. Buah-buahan ini dipercaya dapat menjaga kadar hormon estrogen dan kandungan enzim di dalamnya dapat melembutkan dinding rahim untuk melancarkan siklus menstruasi. 

  2. Produk Susu
    Untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur, kamu dapat mengonsumsi vitamin D dengan cukup. Produk susu seperti keju, yoghurt, dan susu murni dapat membantu kamu melancarkan siklus menstruasi. 

  3. Salmon
    Kandungan lemak tidak jenuh dalam salmon dapat menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh yang membantu proses pembuahan atau ovulasi. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 tinggi pengganti salmon seperti telur, kacang-kacangan, brokoli, dan ikan air tawar. 

  4. Kayu Manis
    Bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat digunakan sebagai solusi sebagai bahan makanan yang dapat melancarkan siklus menstruasi. Pada beberapa orang, penyedap ini digunakan untuk pengobatan alami orang dengan gangguan rahim. 

  5. Jahe
    Jahe merupakan salah satu rempah yang sering dijadikan pengobatan atau herbal untuk membuat siklus menstruasi menjadi lebih lancar, nyeri perut saat PMS, dan memperbaiki suasana hati yang berantakan saat menstruasi. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh atau susu jahe agar terasa lebih nikmat. 

  6. Cuka Apel
    Cuka apel dipercaya dapat mengembalikan siklus menstruasi para wanita yang mengalami gangguan/siklus menstruasi yang tidak teratur. Cuka apel juga dipercaya untuk mengatasi masalah pencernaan lho. 

  7. Kunyit 
    Beberapa orang percaya bahwa kunyit dapat memberikan efek melancarkan siklus menstruasi karena dapat menyeimbangakan hormon menstruasi dalam tubuh. Kunyit juga dijadikan obat meredakan nyeri perut saat menstruasi. 

  8. Sayuran Hijau
    Sayuran hijau juga dapat menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Sayuran hijau kaya akan mineral dan vitamin yang bisa membantu proses metabolisme tubuh, meredakan gejala PMS, dan memperlancar siklus menstruasi
     

  9. Biji-bijian 
    Selain vitamin D, serat, dan protein, vitamin B juga dipercaya dapat memperlancar siklus menstruasi, mencegah kekurangan darah saat menstruasi, dan menurunkan gula darah. Kamu bisa mengonsumsi gandum untuk menu diet sekaligus makanan pelancar menstruasi. 

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, kamu diharapkan melakukan pola hidup sehat lainnya seperti berolahraga dengan teratur, mengurangi junk-food, hindari stress, dan hindari pola diet yang salah atau terlalu ekstrim. 

Ngomongin soal siklus menstruasi, kamu juga perlu memperhatikan hal lain seputar kewanitaan saat menstruasi seperti menjaga kebersihan area kewanitaan, mencegah kondisi lembab saat menstruasi, tidak melakukan olahraga berat saat menstruasi, dan memakai pembalut sesuai kebutuhan. Berikut rekomendasi pembalut yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan 

  1. Laurier Healthy Skin
    Pembalut siang ini memiliki inovasi 3D pori bergelombang yang mampu menyerap cairan seketika dan mencegah lembap karena meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga pembalut tetap kering. Pembalut ini juga cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi saat memakai pembalut. 

  2. Laurier Super Slimguard
    Berikutnya adalah pembalut siang yang ultra slim dengan ketebalan hanya 1mm. Dilengkapi dengan teknologi lapisan serap berkapasitas 200x dari bahan penyerap lainnya, membuat pembalut ini menyerap lebih cepat dan yang pastinya fleksibel mengikuti bentuk tubuh. Aktivitas apapun menjadi nyaman karena anti ganjal. 

  3. Laurier Celana Menstruasi
    Buat kamu yang parno bocor saat hari deras, ini solusinya. Pembalut ini berbentuk seperti celana dengan ukuran mulai dari S-M dan M-XL yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Memiliki proteksi bebas bocor 360 derajat hingga ke pinggul, karetnya nyaman, bahannya tipis dan lembut seperti celana dalam katun. Dengan daya serap 5x dari pembalut malam, dijamin anti cemas dan parno bocor. Tidur nyenyak sepanjang malam.

Nah, itu dia informasi tentang makanan pelancar menstruasi dan rekomendasi pembalut yang bisa menemani hari-hari kamu saat menstruasi. Semoga bermanfaat. 

 

Related Articles
Healthy Body
02 Dec 2019

Kista dan Miom Itu Apa?

Girls, kamu pernah mendengar kalau temanmu mengalami nyeri perut yang hebat, dan nggak lama kemudian...
Healthy Body
01 May 2019

Usia Bertambah, Payudara Berubah

Kamu pasti sadar kan, Girls, semakin dewasa pasti perubahan fisikmu semakin keliatan. Nah, ternyata ...
Healthy Body
12 Dec 2019

Rambut Badai, Anti Bad Hair Day!

Girls, kamu pernah mengalami bad hair day nggak? Sebenarnya ini bukan masalahmu aja kok, semua cewek...
All Things Period
Period Facts

Cari tahu berbagai informasi seputar menstruasi di sini.

Adulthood

Break the taboo! Kenali lebih dalam mengenai kesehatan reproduksi dan juga tubuhmu.

First Timer

Sex education untuk kamu yang beranjak dewasa.

Motherhood

Seputar kehamilan, masa subur, dan tips edukasi menstruasi untuk para Ibu.

Body & Mind
Healthy Body

Kesehatan merupakan hal utama agar bisa menikmati hidupmu secara maksimal.

Healthy Mind

Feeling underwhelmed during your period? Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.