ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Fakta HPV, Si Pemicu Kanker Serviks

Fakta HPV, Si Pemicu Kanker Serviks

15 Oct 2019

Fakta HPV, Si Pemicu Kanker Serviks

Kamu tau penyakit kanker serviks kan? Udah banyak banget informasi yang menjelaskan kalau kanker serviks (leher rahim) disebabkan sama sejenis virus yang dikenal dengan nama HPV. Kamu pernah dengar tentang HPV nggak, Girls? HPV itu singkatan dari Human Papillomaviruses.

Sebenarnya jenis virus HPV dibagi menjadi dua, ada yang terdiri dari virus jinak dan virus yang ganas. Jenis HPV yang jinak, nggak akan menyebabkan seseorang terganggu kesehatannya. Tapi, untuk jenis virus HPV yang ganas justru bisa memicu terjadinya kanker pada tubuhmu, Girls.

HPV bisa masuk ke dalam tubuh melalui kontak saat berhubungan seksual dengan seseorang yang mengidap virus itu di dalam tubuhnya. Sayangnya, kamu nggak bisa tau, apakah orang tersebut mengidap HPV atau nggak, cuma dengan melihat kondisi fisiknya aja. Iya kan?

Sama sekali nggak ada gejala fisik tertentu yang menandakan seseorang terinfeksi HPV. Makanya, dokter menyarankan pada perempuan dewasa yang udah menikah dan aktif secara seksual untuk rutin melakukan pemeriksaan setiap tahunnya.

Vaksin HPV diketahui juga bisa mencegah beberapa jenis infeksi yang sangat ganas, yang bisa menyebabkan kanker. Tapi, sampai sekarang belum ada kesepakatan apakah perlu atau nggak seorang anak perempuan yang belum melakukan hubungan seksual mendapatkan vaksinasi HPV tersebut. Hal ini disebabkan karena proses penularannya yang sangat spesifik, yaitu melalui hubungan seksual.

So, info yang bilang kalau memakai pembalut yang mengandung pemutih, atau mengonsumsi minuman dingin adalah penyebab HPV, itu semua salah besar! Nah, cara terbaik supaya kamu nggak kena infeksi HPV, yaitu nggak melakukan hubungan seksual di usia remaja dan sebelum menikah ya, Girls! Keep virgin and be healthy!

Jangan lupa share info ini ke teman-teman kamu juga ya, supaya mereka bisa lebih waspada dengan virus HPV!

Related Articles

Healthy Body
17 Jul 2020

Cara Aman Hilangkan Rambut di Area Payudara

Mungkin kamu merasa aneh dan risih dengan rambut yang tumbuh di area payudaramu, tapi ternyata kondi...
Healthy Body
17 Jul 2020

Manfaat Masker Vagina Bagi Kesehatan Miss V-mu

Mungkin selama ini yang kamu tau masker cuma bisa dipakai untuk merawat kesehatan wajahmu. Eits, tap...
Healthy Body
29 Feb 2024

Ada Bisul di Area Vagina, Apa Ya Penyebabnya?

Girls, tahukah kamu, bisul biasanya tidak hanya tumbuh di area kulit seperti paha ataupun pantat saj...