ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Praktis Atasi Kram Menstruasi

Cara Praktis Atasi Kram Menstruasi

07 Jan 2020

Cara Praktis Atasi Kram Menstruasi

Kamu sering merasakan kram menjelang atau di awal menstruasi nggak, Girls? Kalau kamu sering merasakannya, pasti bikin nggak nyaman deh! Eits, sekarang kamu nggak perlu panik lagi, karena kondisi ini wajar banget kok, dialami para cewek pas mensruasi. Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan cara-cara di bawah ini, Girls:

  • Konsumsi obat pereda nyeri yang khusus dibuat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Jenis obat ini bisa dibeli bebas di apotek. Konsumsilah obat ini pada saat kamu mulai merasakan kram supaya obatnya bisa bekerja secara optimal untuk mencegah rasa sakitmu. Jangan lupa, minum sesuai aturan yang ada dikemasan ya.

  • Kompresan panas. Kompres bagian perut yang terasa nyeri dengan air panas. Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa meredakan nyeri yang kamu rasakan.

  • Penuhi waktu istirahatmu. Kalau tidurmu cukup, maka tubuhmu nggak akan gampang merasakan nyeri.

  • Hindari makanan yang mengandung kafein dan garam.

  • Pijat lembut punggung bagian bawah dan perut bagian bawah. Pakailah krim atau minyak yang bisa menimbulkan sensasi hangat supaya bisa membantu meredakan ketegangan otot tubuhmu.

  • Berolahraga secara rutin. Otot-otot yang terlatih dengan baik cenderung lebih tahan terhadap kontraksi, jadi tubuhmu nggak gampang kram.

Gimana? Gampang dan praktis kan, Girls? Kram dan nyeri menstruasi yang wajar itu biasanya paling lama berlangsung selama 72 jam aja kok, Girls. Tapi, kalau semua langkah di atas udah kamu lakukan dan nyeri masih belum mereda, be alert, Girls! Langsung aja bicara sama mamamu dan minta diantar ke dokter supaya kamu bisa mengetahui dengan jelas kondisi tubuhmu, Girls.

Share info ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka mengatasi kram menstruasinya!

Related Articles

First Timer
31 Aug 2019

Tampil Fresh Pas Menstruasi? Gampang Banget!

Salah satu reaksi hormon pertumbuhan yang nggak bisa kamu hindari kalau udah memasuki masa puber ada...
First Timer
20 Sep 2019

Darahnya Sedikit, Harus Diganti Nggak ya?

Di hari-hari terakhir menstruasi, saat darah yang keluarnya cuma sedikit biasanya bikin rasa cemas d...
First Timer
17 Jun 2019

Berat Badan Ada Hubungannya Sama Siklus Menstruasi?

Setiap cewek pasti bakalan takut kalau berat badannya bertambah, benar nggak, Girls? Biasanya karena...