7 Fakta Tentang Sel Telur
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

7 Fakta Tentang Sel Telur

7 Fakta Tentang Sel Telur

22 Nov 2019

7 Fakta Tentang Sel Telur

Kalau kamu selama ini menganggap tubuhmu baru bisa memproduksi sel telur pas mulai menstruasi, maka kamu salah besar nih, Girls. Sebenarnya, sel telur udah diproduksi saat kamu masih dalam kandungan ibumu lho! Kok, bisa sih? Nah, ternyata tubuhmu mulai memproduksi sel telur di usia 9 minggu setelah terjadi pembuahan. Hal ini berarti sel telur terjadi saat tubuhmu lagi dalam proses pembentukan di dalam kandungan ibu, dan sel telur tersebut disebut sebagai oocytes.

Mungkin kamu baru tau tentang hal ini ya, Girls? Nah, supaya kamu lebih paham dan banyak tau info tentang sel telur, berikut ini 7 fakta yang wajib kamu tau!

  • Saat usia janin perempuan mencapai 5 bulan, diperkirakan udah menghasilkan 7 juta oocytes. Tapi sayangnya, nggak semuanya bertahan sampai janin lahir. Hal ini adalah kondisi yang normal kok, Girls.
  • Sel telur adalah sel terbesar di dalam tubuh perempuan, dibanding ukuran sel tubuh lainnya. Rata-rata sel telur sehat berdiameter 100 micron, atau 0.1 mm.
  • Berbeda dari sel lain, sel telur membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mencapai tahap kematangan. Sel telur 'berdiam' di dalam ovarium dari pertama kali dibuat, dan baru akan mematangkan diri menjelang dilepaskan.
  • Sepanjang usia produktif, perempuan rata-rata melepaskan 400 - 500 sel telur.
  • Setiap satu siklus reproduksi, cuma ada 1 sel telur yang dilepaskan, bergantian dari ovarium kiri dan kanan.
  • Proses pelepasan sel telur dikenal sebagai masa subur, atau ovulasi.
  • Sel telur rata-rata cuma hidup 48 jam setelah dilepaskan oleh indung telur.

Sekarang kamu makin paham tentang sel telur kan, Girls? Sebenarnya kesehatanmu secara keseluruhan sangat menentukan kualitas sel telurmu lho! Sel telur ini penting banget, karena udah ada di dalam tubuhmu, bukan baru dibuat setiap bulan saat kamu menstruasi atau dalam masa subur ya, Girls! So, keep a healthy lifestyle, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka makin tau banyak info tentang sel telur

Related Articles

First Timer
28 Nov 2019

Kenapa Cewek Menstruasi?

Girls, di sekolah maupun di rumah pastinya kamu udah di jelaskan tentang menstruasi kan? Hmm…...
First Timer
01 Oct 2019

PMS Minggat Tanpa Obat

Girls, gejala PMS sebenarnya nggak cuma nyeri dan kram perut aja lho, tapi ada juga gejala lain sepe...
First Timer
14 Aug 2019

Jauhi 6 Kebiasaan Ini Biar PMS Nggak Makin Parah

Data lembaga kesehatan dunia, WHO menyatakan 50% perempuan usia produktif mengalami PMS yang relatif...