Kapan Aku Boleh Pakai Pantyliner?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kapan Aku Boleh Pakai Pantyliner?

Kapan Aku Boleh Pakai Pantyliner?

29 Oct 2019

Kapan Aku Boleh Pakai Pantyliner?

Kamu pernah dengar sahabat atau sepupumu bercerita kalau mereka udah pakai pantyliner? Hmm…kira-kira kapan ya, kamu boleh pakai pantyliner itu? Pantyliner sebenarnya punya fungsi yang mirip sama pembalut, tapi ukurannya lebih kecil dan bentuknya lebih tipis. Fungsi utama pantyliner adalah menyerap cairan yang diproduksi tubuh di luar masa menstruasi.

Jadi, bukan pada usia berapa kamu butuh pantyliner, tapi kamu butuh pakai pantyliner kalau tubuhmu udah mulai menghasilkan cairan vagina, atau biasa disebut keputihan. Cairan ini sebenarnya diproduksi setiap hari oleh tubuh untuk membersihkan saluran vagina dari berbagai benda asing, termasuk kuman-kuman penyakit yang mungkin masuk ke sana. So, cairan ini sebenarnya wajar kok, tapi memang perlu diserap dengan pantyliner supaya nggak menyebabkan kelembapan di area miss V-mu.

Manfaat tambahan pantyliner adalah mencegah celana dalammu terkena noda. Biasanya setelah tubuh memproduksi cairan vagina, kamu akan menemukan noda mengering di celana akibat cairan vagina. Kalau udah kering, biasanya bakal susah dibersihkan nodanya. Nah, kalau kamu pakai pantyliner, noda ini nggak bakal ada, sehingga celana jadi gampang dicuci.

Kalau kamu menggunakan pantyliner, sebaiknya ingat untuk menggantinya setiap 4 jam, atau setelah BAK dan BAB. Memangnya kenapa sih? Biar cairan yang terserap oleh pantyliner nggak berlama-lama bersentuhan dengan kulitmu, Girls. Karena kalau dibiarkan lama, justru bisa menyebabkan lembap dan memicu iritasi.

So, mulai sekarang siapkan dompet kecil di tasmu, dan isi dengan pantyliner supaya selalu siap saat kamu butuhkan. Dompet itu akan menjaga pantyliner tetap bersih dan steril dari debu dan berbagai kotoran. Supaya teman-temanmu juga tau pentingnya memakai pantyliner, share info ini ke mereka yuk!

Related Articles

Adulthood
10 Oct 2019

Beda Kondisi, Beda Juga Penyebabnya!

“Kenapa sih, menstruasiku bisa telat dari siklus biasanya?” Kamu pasti sering berpikir s...
Adulthood
27 Sep 2019

5 Gejala PMS yang Nggak Populer

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gejala PMS seperti sakit kepala, sakit perut, berat badan naik...
Adulthood
01 Jul 2019

Menarche Dini Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Darah Tinggi!

Girls, kamu tau nggak sih, kalau usia seorang perempuan mengalami menarche atau menstruasi pertama, ...