Cara Mengencangkan Otot Panggul Agar Gairah Seks Meningkat
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Mengencangkan Otot Panggul Agar Gairah Seks Meningkat

Cara Mengencangkan Otot Panggul Agar Gairah Seks Meningkat

15 Dec 2021

Cara Mengencangkan Otot Panggul Agar Gairah Seks Meningkat

Tahukah kamu ada cara mudah untuk membuat gairah seks meningkat? Salah satunya adalah dengan mengencangkan otot panggul. Apa saja olahraga yang bisa membantu mengencangkan otot panggul? Berikut ini info yang bisa kamu simak. 

Kondisi otot dasar panggul jadi salah satu faktor pendukung untuk mencapai kenikmatan seksual kamu dan pasangan. Wajar sih soalnya orgasme amat memerlukan otot dasar panggul. Menurut ahli, saat perempuan melakukan kontraksi otot dasar panggulnya, maka darah akan banyak dialirkan ke vagina. Alhasil, terjadi lubrikasi atau pengeluaran cairan. Nah, kontraksi yang makin intens ini akan meningkatkan kualitas seksual kamu dan pasangan.

Otot panggul sendiri dalam bidang seksologi dikenal dengan otot pubococcygeus (PC). Letaknya tersembunyi, menyebar mulai dari tulang kemaluan (pubis) ke arah belakang, yaitu tulang ekor (coccygeus). Makanya, karena letaknya yang tersembunyi, banyak orang gak sadar punya otot ini.

Biasanya otot panggul wanita cenderung melemah setelah melahirkan. Otot ini cukup banyak memiliki fungsi pada tubuh wanita, mulai dari menyangga kandung kemih, usus besar, hingga rahim. Selain itu, otot panggul yang kuat juga mengurangi rasa sakit pada panggul dan bisa meningkatkan kepuasan hubungan intim. Untuk melatih otot panggul tetap kuat, ada beberapa gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan secara rutin.

 

cara kencangkan otot panggul

Glute bridge

Gak cuma memperkuat otot panggul, gerakan ini juga melatih punggung bagian bawah. Kamu bisa mulai dari tidur telentang dengan kedua lutut menekuk. Lalu, letakkan kedua tangan di sisi tubuh dan posisikan telapak kaki dan tangan menyentuh lantai. Angkat pinggul dan bokong sambil bertumpu pada tumit. Pastikan posisi punggung hingga paha membentuk garis lurus. Tahan posisi ini selama 1 detik. Kembali ke posisi semula dan ulangi hingga 30 kali.

Clamshell

Gerakan ini ampuh mencegah cedera selain memperkuat otot pinggul, bokong, dan panggul. Cara melakukannya mudah kamu cukup berbaring miring ke kanan. Lalu, tempatkan tangan kanan di belakang kepala dan tangan kiri di depan tubuh. Buka lutut kiri ke atas tapi pastikan kedua telapak kaki tetap bersentuhan. Tahan posisi selama beberapa detik dan turunkan kembali lutut kanan. Ulangi hingga 15 kali pada masing-masing lutut.

Knee hug

Selain melatih otot panggul, gerakan ini juga mengencangkan otot perut. Cara melakukan gerakan ini yaitu dengan mengawali dengan berdiri tegak, tempatkan kedua tangan di sisi tubuh. Angkat satu lutut hingga ketinggian yang nyaman untuk kamu. Lalu, peluk lutut dengan kedua tangan dan tarik lutut perlahan ke atas hingga menyentuh tubuh. Tahan selama beberapa detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi hingga 15 kali dan ganti lutut.

Bow Pose

Gerakan ini berfungsi memperkuat seluruh otot punggung belakang, termasuk otot panggul. Caranya mulai dari posisi tidur telungkup. Lalu, rapatkan kedua kaki dan tekuk lutut ke atas. Angkat kedua tangan hingga memegang pergelangan kaki. Kemudian angkat kepala, dada, dan paha hingga menyerupai busur. Tahan posisi ini selama 20-30 detik dan kembali ke posisi semula. Kamu bisa mengulanginya sekali atau dua kali.

Split tabletop

Gerakan dasar dari banyak gerakan pilates ini menyasar otot pinggul dan panggul. Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa mulai dari tidur telentang. Lalu, angkat dan tekuk lutut hingga betis sejajar dengan lantai. Posisikan lutut di atas pinggul. Rapatkan kaki sampai kedua kaki saling bersentuhan. Secara perlahan, buka kaki hingga jarak yang nyaman. Tahan posisi selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 30 kali.

Goddess pose

Gerakan ini memperkuat seluruh otot tangan dan kaki termasuk otot panggul. Caranya dengan berdiri tegak dan buka kaki sedikit lebih lebar dibanding bahu. Posisikan telapak kaki menghadap ke luar dan lutut tepat di atas telapak kaki. Lalu, tekuk lutut dan turunkan bokong hingga paha sejajar dengan lantai. Kemudian rentangkan kedua tangan ke atas dan tekuk kedua siku hingga membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas.

 Olahraga untuk mengencangkan otot panggul 

 

cara kencangkan otot panggul

Ada satu olahraga yang bisa membantu mengencangkan otot panggul. Olahraga ini diberi nama senam kegel. Senam kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bermanfaat untuk memperbaiki kondisi yang dapat menurunkan fungsi dan kekuatan otot panggul bawah.

Secara umum, ada beberapa manfaat senam kegel. Beberapa di antaranya yaitu: 

1. Memperbaiki fungsi kandung kemih

Seiring pertambahan usia atau berat badan, otot-otot dasar panggul yang menopang kandung kemih dapat melemah. Kondisi ini bisa membuat kamu gak sengaja mengeluarkan urin saat bersin, tertawa, atau batuk. Salah satu cara untuk memperkuat kembali otot-otot tersebut adalah dengan senam kegel.

2. Meningkatkan performa seksual pada pria

Senam kegel juga bermanfaat untuk meningkatkan performa seksual pada pria dan juga libido. Olahraga ini dapat mengencangkan otot panggul di sekitar penis, sehingga mampu mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.

3. Melancarkan proses persalinan

Rutin melakukan senam kegel selama hamil dapat memperkuat dan melenturkan otot panggul. Olahraga ini bisa membuka jalan lahir dan proses persalinan pun menjadi lebih lancar. Selain itu, senam kegel juga bisa mencegah rahim turun.

4. Mengatasi keluhan pada ibu hamil

Melakukan senam kegel secara teratur juga dapat meredakan atau mencegah berbagai masalah kehamilan, seperti nyeri punggung bawah, sembelit atau sulit buang air besar, nyeri saat buang air kecil, buang air besar, dan berhubungan seksual, serta sulit mengendalikan keluarnya tinja

5. Mengencangkan vagina

Persalinan atau pertambahan usia dapat membuat ukuran vagina menjadi sedikit lebih longgar. Tapi, kondisi ini sebenarnya gak permanen. Melakukan senam kegel bisa mempercepat pengencangan vagina dengan cara memperkuat otot dasar panggul yang mengelilingi vagina.

Cara melakukan senam kegel

Senam kegel bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam melakukan senam kegel. Pertama, identifikasi otot panggul bawah dengan cara menghentikan keluarnya urin saat kamu buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah.

Kalau sudah dapat merasakan otot panggul, kencangkan otot dan tahan selama 5 detik, kemudian lemaskan otot kembali. Saat mengencangkan otot, tetaplah bernapas dengan santai dan hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong.

Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan durasi hingga 5–10 detik. Atur napas dan lakukan dalam keadaan rileks. Senam kegel setidaknya bisa dilakukan 4–6 kali sehari. Tapi, hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena berisiko meningkatkan infeksi saluran kencing. 

Manfaat senam Kegel dapat dirasakan dalam 3–6 minggu jika dilakukan secara rutin. Namun, jika kondisi yang kamu alami gak kunjung membaik setelah 4 minggu, sebaiknya periksakan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat. 

Laurier Super Slimguard

Agar kamu bisa senam kegel dengan nyaman saat sedang menstruasi, pastikan gunakan pembalut yang tepat. Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan Laurier Super Slimguard. Pembalut ini cocok digunakan saat olahraga karena memiliki teknologi lapisan serap ultra tipis 1mm berkapasitas 200x berat bahan penyerap. Sayap pelindungnya bisa menjaga saat kamu sedang menstruasi yang lagi banyak-banyaknya maupun saat normal. 

Related Articles

Adulthood
24 Jul 2019

Cairan Vagina Itu Apa Sih?

Kamu pernah nggak sih, merasakan ada suatu cairan yang aromanya sangat khas keluar dari vaginamu? Ka...
Adulthood
01 Nov 2019

5 Penyebab Iritasi Miss V Gampang Dialami Saat Menstruasi

Saat menstruasi, area kulit di sekitar miss V perlu perhatian ekstra lho, Girls! Memangnya kenapa? H...
Adulthood
14 Aug 2014

Kok Darah Menstruasiku Menggumpal… Kenapa ya?

Saat menstruasi, mungkin kamu suka bertanya-tanya, kenapa darah menstruasiku menggumpal ya? Terus ka...