Trik Ajaib Biar Lolos dari PMS
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Trik Ajaib Biar Lolos dari PMS

Trik Ajaib Biar Lolos dari PMS

26 Sep 2019

Trik Ajaib Biar Lolos dari PMS

Gejala pra-menstruasi atau PMS pasti sering banget mengganggu hari-harimu menjelang menstruasi, betul nggak, Girls? Kadang gejala ini juga bisa bikin kamu nggak nyaman beraktivitas. Iya kan? Sebenarnya, semua gejala ini bisa diatasi dengan trik simple lho! Kamu tinggal lakukan salah satu cara di bawah ini, pasti PMS-mu langsung bisa teratasi. Cobain yuk!

  • Kurangi asupan garam, kafein, alkohol dan makanan manis. Disarankan banget supaya kamu mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang. Sebaiknya perbanyak konsumsi ikan, daging, keju, susu, telur, kacang-kacangan, buah, dan sayuran.
  • Ubah pola makan yang biasanya tiga kali jadi enam kali sehari dalam porsi yang lebih kecil, selama menstruasi berlangsung.
  • Tidur cukup setiap malam. Cukupi waktu tidurmu selama delapan jam setiap malam, bahkan pas weekend sekalipun.
  • Olahraga dan stretching. Tetaplah berolahraga pas kamu lagi menstruasi, karena olahraga bisa membuat emosimu jadi seimbang dan tidur malammu juga jadi lebih nyenyak. Stretching yang kamu lakukan juga bisa mengendorkan ketegangan otot perut, sehingga nyeri atau kram yang dirasakan bakal berkurang.
  • Tetap beraktivitas seperti biasa. Kalau lagi menstruasi, biasanya kamu jadi merasa malas kan? Nah, jangan dibiasakan ya, Girls! Karena kesibukan sebenarnya bisa membuatmu jadi lebih riang, dan bikin tidurmu lebih nyenyak lho!
  • Relaksasi. Makanya, disarankan supaya kamu melakukan relaksasi. Kamu bisa mencobanya dengan mandi pakai wewangian aromaterapi atau mendengarkan lagu favoritmu, untuk membuat pikiranmu jadi lebih tenang. Sedangkan, supaya otot-otot di tubuhmu melemas, kamu juga bisa melakukan pijat atau massage, sehingga gangguan PMS jadi nggak terasa.
  • Bertanya pada mama atau kakak perempuan. Mereka pasti mengalami hal yang sama denganmu, Girls. So, kamu bisa bertanya, tanpa perlu merasa malu.
  • Kalau kram atau nyeri perut yang kamu rasakan udah terlalu parah, sebaiknya langsung minta obat pereda nyeri menstruasi sama mamamu.
  • Sharing. Cobalah ceritakan kondisimu pada temanmu. Mungkin aja mereka juga pernah mengalami kondisi yang sama, dan punya tips untuk mengatasinya.

Banyak dan simple banget kan, Girls? Kalau kamu udah mencoba semua trik di atas, tapi PMS-mu nggak kunjung pergi, sebaiknya minta mama menemanimu pergi ke dokter ya! Supaya kamu bisa memastikan kondisi menstruasimu masih dalam batas normal atau nggak. Ingat, jangan sampai telat menyadarinya, Girls! And…let’s try those tricks!

Yuk, share info ini ke group chat teman-teman cewekmu, biar mereka juga bisa mencoba trik-trik ajaib di atas!

Related Articles

Adulthood
27 Sep 2019

5 Gejala PMS yang Nggak Populer

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gejala PMS seperti sakit kepala, sakit perut, berat badan naik...
Adulthood
14 Nov 2020

Cara Mengatasi Menstruasi Agar Tidak Sakit

 Girls, kamu sering kesal saat menstruasi datang? Kamu jadi enggak bisa beraktivitas dengan nya...
Adulthood
17 Dec 2020

Bolehkah Olahraga Saat Menstruasi?

Perempuan sering ragu untuk berolahraga saat menstruasi. Apakah kamu salah satunya, Girls? Wajar, si...