ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

7 Jenis Gangguan Perdarahan Menstruasi yang Sering Dialami Cewek

7 Jenis Gangguan Perdarahan Menstruasi yang Sering Dialami Cewek

29 May 2019

7 Jenis Gangguan Perdarahan Menstruasi yang Sering Dialami Cewek

Kamu tau nggak, Girls, kalau aliran darah yang terjadi pas cewek lagi menstruasi, di dunia medis dikenal sebagai menorrhea. Perdarahan menstruasi yang normal adalah 2 – 10 hari, dengan catatan tiga hari terakhir biasanya cuma berupa flek atau darah nggak keluar terlalu banyak. Volume darah biasanya sedikit di awal, lalu 1 – 3 hari banyak, dan makin sedikit sampai habis sama sekali. Tapi kadang, ada beberapa cewek mengalami perdarahan yang nggak umum juga lho, Girls. Gangguan aliran darah menstruasi yang paling sering dialami sama cewek dibagi jadi tujuh jenis, yaitu:

  • Amenorrhea

Kondisi di mana menstruasi nggak terjadi pada cewek yang usianya udah produktif. Kalau kamu dan pasangan lagi merencanakan kehamilan, maka amenorrhea sebaiknya langsung ditanggapi sebagai salah satu gejala terjadinya proses pembuahan. Segera pakai alat uji kehamilan instan untuk memastikannya, dan kalau positif, cepat periksakan diri ke dokter Obgyn.

  • Menorrhagia

Kejadian perdarahan berat pada siklus menstruasi yang normal, atau banyak mengeluarkan darah selama 10 hari periode menstruasi.

  • Metrorrahgia

Perdarahan menstruasi yang relatif banyak pada siklus menstruasi yang nggak teratur dan berubah-ubah.

  • Polymenorrhea

Siklus menstruasi terlalu pendek, kurang dari 21 hari atau mengalami menstruasi setiap  kurang dari 3 minggu.

  • Oligomenorrhea

Siklus menstruasi berlangsung lebih dari 35 hari, dengan kondisi volume darah menstruasi sangat sedikit dan jarang.

  • Hypomenorrhea

Kondisi perdarahan yang sangat sedikit saat siklus menstruasi normal. Kadang malah menstruasi bisa cuma terjadi satu hari.

  • Dysmenorrhea

Perdarahan menstruasi yang ditandai nyeri perut yang sangat parah, bisa pada siklus yang teratur ataupun yang nggak teratur.

Semua kondisi ini, bisa terjadi karena kadar hormon reproduksi yang nggak seimbang. Kalau kamu mengalami salah satu kondisi tersebut dan gejalanya berulang selama dua siklus menstruasi, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatanmu, supaya nggak kena berbagai penyakit ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka juga bisa tau tentang info penting ini!

Related Articles

Adulthood
29 Oct 2019

Nyaman Berolahraga Berkat Pantyliner

Pas lagi berolahraga, tubuh pasti menghasilkan keringat kan? Nah, proses pengeluaran keringat ini te...
Adulthood
12 Dec 2023

Mengenal Postpartum Depression dan Faktor Risiko Penyebabnya

Perjalanan kehamilan hingga proses melahirkan setiap perempuan memang berbeda-beda. Meski begitu, ad...
Adulthood
10 Jul 2019

Menstruasi Udah Selesai, Tapi kok….Masih Kram?

Girls, nyeri itu wajar banget kok, dialami kalau lagi menjelang atau di awal menstruasi. Kamu tau ng...