ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Makna Dibalik Cairan Vagina

Makna Dibalik Cairan Vagina

08 Jan 2020

Makna Dibalik Cairan Vagina

Kamu pernah melihat perubahan cairan vaginamu nggak, Girls? Kalau kamu mengalami kondisi ini, tapi kamu malu memeriksakan diri ke dokter? Jangan sedih, Girls, informasi di bawah ini bisa membantu kamu lebih memahami kondisi tubuhmu yang disebabkan karena perubahan cairan vagina ini. 

  • Bening, Putih, Lembap, atau Lengket.

Ini adalah tanda tubuh sedang berovulasi. Sifat cairan vagina ini bertujuan memudahkan sel sperma melewati saluran vagina, dan mencapai sel telur yang matang.

  • Kekuningan, Kehijauan, Beraroma tajam.

Kondisi ini menandakan terjadi infeksi virus atau jamur di saluran vaginamu. Biasanya kondisi ini disertai nyeri di area panggul, dan perih saat berkemih. Kalau kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Abu-abu, Encer, Beraroma menusuk.

Gejala ini menandakan terjadinya infeksi bakteri di saluran vagina. Gejala paling utama adalah aroma busuk yang menyertai cairan. Infeksi bakteri adalah jenis yang paling umum dialami perempuan, karena kelembapan di area genital.

  • Seperti bubuk, Berbau, Berwarna abu-abu atau hijau.

Cairan vagina seperti ini menandakan terjadinya infeksi bakteri trichomoniasis, sejenis bakteri yang bisa terdapat pada benda-benda yang mungkin bersentuhan dengan vagina, seperti, handuk.

  • Bercampur darah segar.

Cairan vagina yang bercampur darah biasanya dialami beberapa saat setelah seorang perempuan mengonsumsi pil kontrasepsi. Kondisi lain yang memungkinkan hal ini terjadi, adalah sisa-sisa darah menstruasi yang menempel pada dinding dalam saluran vagina, dan dibersihkan oleh cairan vagina. Jadi kondisi ini relatif sangat aman. Dalam kondisi yang sangat jarang, kalau disertai rasa nyeri hebat, cairan vagina yang bercampur darah perlu diperiksakan ke dokter, karena itu menandakan adanya gangguan serius pada organ reproduksimu.

Gimana, Girls, udah cukup jelas kan? Sebaiknya kamu harus selalu memerhatikan perbedaan sifat cairan vagina ini, Girls, karena hal ini bisa jadi menandakan adanya gangguan kesehatan reproduksimu. Perhatikan gejalanya, dan lakukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya ya, Girls!

Yuk, share ke teman-teman kamu yang lain, Girls! Supaya mereka juga mengetahui perbedaan sifat cairan vagina dan mewaspadainya!

Related Articles

Healthy Body
01 Feb 2020

Me Time atau Hangout dengan Teman?

Pas lagi menstruasi, pasti kamu perlu kegiatan yang bisa mengembalikan mood-mu biar happy lagi kan? ...
Healthy Body
10 Sep 2019

Cara Menghilangkan Bau pada Miss V dengan 4 Bahan Alami

Kamu sering mengeluhkan bau nggak sedap di area vaginamu nggak, Girls? Hmm...padahal kamu udah rajin...
Healthy Body
06 Nov 2020

Tips Cegah Sakit Saat Musim Hujan

Musim hujan akhirnya datang, Girls! Sayangnya, kamu perlu hati-hati karena dia enggak datang sendiri...