ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Pertama Datang? Nggak Masalah tuh!

Menstruasi Pertama Datang? Nggak Masalah tuh!

29 Aug 2019

Menstruasi Pertama Datang? Nggak Masalah tuh!

Udah jadi rahasia umum kalau setiap cewek pasti akan mengalami menstruasi. Ada yang menjadikan peristiwa datangnya menstruasi pertama sebagai hal yang ditunggu-tunggu, tapi ada juga yang merasa cemas karena dengar kabar tentang menstruasi pertama itu nggak menyenangkan. Right, Girls? Sebenarnya kabar yang ada belum tentu benar lho! Kalau mau tau lebih banyak tentang menstruasi, kamu bisa bertanya pada mama, kakak atau tantemu yang udah lebih dulu mengalaminya. Selain itu, kamu juga bisa cari tau lewat info di bawah ini, Girls!

Menstruasi adalah proses di mana tubuhmu melakukan pembersihan rahim dari jaringan yang nggak dibutuhkan. Awalnya jaringan ini terbentuk sebagai persiapan kalau ada proses pembuahan. Intinya, saat kamu mengalami menstruasi berarti tubuhmu udah siap untuk mengandung atau hamil. Jaringan yang nggak dibuahi harus dikeluarkan dari dalam tubuhmu karena udah nggak terpakai. Seorang cewek rata-rata mengalami siklus menstruasi yang teratur antara 21 - 35 hari. Tapi kamu harus tau, kalau siklus menstruasi setiap cewek pasti beda-beda, Girls!

Sebelum menstruasi, tubuhmu akan menunjukkan beberapa gejala seperti sakit perut, nyeri payudara atau moody. Kondisi ini masih terbilang wajar dan merupakan gejala PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Tenang, Girls! Gejala yang kamu rasakan itu bukan tanda dari suatu penyakit kok, tapi itu adalah reaksi alami tubuhmu yang disebabkan karena kadar hormon yang nggak seimbang menjelang menstruasi. So, kamu jangan kaget ya, karena kondisi ini akan kamu rasakan setiap kali menstruasi. Makanya sebelum menstruasi pertamamu datang, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Apa aja sih?

  • Pakai pembalut yang tepat. Pilih pembalut yang kamu rasa nyaman untuk dipakai, Girls!
  • Cuci tangan yang bersih sebelum mengganti pembalut, karena pembalut harus tetap steril sampai kamu pakai. Mulai dari memasang sampai menggantinya.
  • Ganti pembalut setiap empat jam sekali atau setelah BAK dan BAB. Kamu juga harus pastikan area vaginamu selalu kering dan bebas lembap.
  • Mandi dua kali sehari dan pakai underwear yang bersih. Jangan lupa juga untuk keramas supaya semua bagian tubuhmu selalu bersih selama menstruasi.

Umumnya, durasi menstruasi pertama nggak berlangsung lama dan baru berupa bercak-bercak aja. So, nggak usah khawatir sama kondisi ini karena kamu masih dalam proses pertumbuhan, Girls! Kamu cukup pastikan untuk selalu merasa nyaman selama menstruasi, supaya aktivitasmu nggak terganggu!

Sekarang kamu tau kan, apa aja yang berhubungan sama menstruasi pertama? Jadi saat kamu mengalaminya, kamu nggak perlu terlalu cemas deh! Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka happy pas menstruasi pertamanya datang!

Related Articles

First Timer
11 Nov 2021

Benarkah Obesitas Bisa Ganggu Siklus Menstruasi?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah membuat beberapa orang jarang olahraga ke luar rumah dan le...
First Timer
19 Sep 2019

Liburan Happy, Bebas Worry!

Girls, kamu pernah nggak pas mau liburan, menstruasi malah tiba-tiba datang? Duh, pasti bikin semua ...
First Timer
31 Aug 2019

Tampil Fresh Pas Menstruasi? Gampang Banget!

Salah satu reaksi hormon pertumbuhan yang nggak bisa kamu hindari kalau udah memasuki masa puber ada...