Tetap Nyaman Berolahraga Pas Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tetap Nyaman Berolahraga Pas Menstruasi

Tetap Nyaman Berolahraga Pas Menstruasi

02 Oct 2019

Tetap Nyaman Berolahraga Pas Menstruasi

Malas berolahraga pas menstruasi memang sering dirasakan para cewek, Girls. Nggak cuma karena merasa tubuh terlalu lemas akibat perdarahan, tapi juga karena takut tembus dan semakin lemas setelah banyak bergerak. Kamu sering berpikir seperti itu nggak, Girls? Duh, padahal untuk mengatasi ketakutanmu itu gampang banget lho, lakukan aja cara-cara di bawah ini:

  • Pastikan mengganti pembalut baru sebelum berolahraga. Kalau kamu berolahraga di gym, bawalah cadangan pembalut supaya kamu bisa langsung menggantinya setelah selesai olahraga. Kalau nggak, langsung mandi dan ganti pembalut saat sampai di rumah.

  • Pakai celana olahraga berwarna gelap dan bawa jaket. Kalau kamu mengalami tembus, celana yang warnanya gelap ini bisa bikin noda darah jadi nggak terlihat, lalu kamu bisa langsung ikat jaket di pinggangmu untuk menutupinya dan langsung ke toilet untuk ganti pembalutmu.

  • Pakai baju yang longgar. Baju yang ketat cenderung menekan perutmu dan bisa menyebabkan rasa sesak karena dibarengi dengan adanya pengumpulan cairan di dalam rongga perut. Jadi, pastikan baju yang kamu pakai untuk berolahraga itu sedikit longgar ya!

  • Stretching. Lakukanlah peregangan ringan pada semua sendi dan otot tubuhmu. Stretching sebelum berolahraga bisa mencegah terjadinya kejang otot.

  • Jangan sampai dehidrasi. Kalau kamu berolahraga pas menstruasi, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup sebelum selesai berolahraga. Menjaga kecukupan cairan dalam tubuh saat menstruasi ini bisa membuatmu terhindar dari risiko sakit kepala dan kelelahan.

Gimana, Girls? Sekarang kamu udah tau kan, gimana caranya supaya tetap bisa berolahraga pas menstruasi? Mulai sekarang, jangan malas untuk berolahraga ya, karena dengan berolahraga tubuhmmu akan terasa lebih bugar dan sehat. Selain itu, rasa takut tembus atau kelelahan juga udah bisa kamu atasi dengan cara-cara di atas. So, don’t be lazy and stay healthy, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tetap berolahraga walaupun lagi menstruasi!

Related Articles

First Timer
12 Aug 2019

Cara Jitu Usir Kembung Menjelang Menstruasi

Kamu sering mengalami kembung menjelang menstruasi nggak, Girls? Ternyata ada 70% perempuan yang men...
First Timer
24 May 2019

Penuhi Nutrisimu Saat Menstruasi

Kamu pasti tau kan, Girls, kalau pola makan yang sehat itu harus diterapkan setiap saat. Apalagi pas...
First Timer
28 Nov 2019

Nyeri Meradang, Menstruasi Nggak Datang

Kamu pernah nggak sih, merasakan nyeri perut yang sakit banget? Seperti mau menstruasi, tapi padahal...