ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Rambut Rontok saat Menstruasi, Wajar Gak Sih?

Rambut Rontok saat Menstruasi, Wajar Gak Sih?

10 Jul 2024

Rambut Rontok saat Menstruasi, Wajar Gak Sih?

“Duh rambut kok rontok banget sih pas menstruasi”

Girls, pernahkah kamu mengalami masalah di atas? Rambut biasanya tidak terlalu rontok, tetapi jumlahnya meningkat ketika sedang menstruasi. Pastinya hal ini akan membuatmu tidak nyaman bukan? Apalagi jika rambutmu tidak terlalu tebal, semakin banyak rambut yang rontok pasti akan membuatmu semakin panik.

Namun, sebenarnya wajar gak sih kalau banyak rambut yang rontok saat menstruasi? Dan, harus bagaimana mengatasinya?

Berbagai Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok adalah kondisi ketika rambut patah maupun akar rambut terlepas dari kulit kepala. Pada dasarnya, hampir setiap orang pasti pernah mengalami situasi ini. Misalnya ketika sedang menyisir rambut atau keramas. Hal ini bisa dikatakan wajar jika jumlah yang rontok tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 50-100 helai per harinya karena rambut rontok tersebut akan digantikan dengan rambut yang baru.

Namun, seringkali rambut yang rontok berjumlah cukup banyak. Bahkan, meskipun kamu hanya sedang menyisir rambut dengan tangan saja, kamu bisa melihat ada banyak rambut yang terlepas dan berada di tanganmu. Kondisi ini tentunya harus segera diatasi agar rambut tidak semakin menipis. Rambut rontok secara berlebihan bisa terjadi akibat beberapa hal, di antaranya:

1. Faktor Keturunan

Faktor keturunan adalah penyebab umum yang membuat rambut rontok dan berpotensi mengalami penipisan rambut lebih cepat. Kerontokan rambut akibat faktor ini biasanya bisa dengan mudah dikenali. Salah satu cirinya adalah pola penipisannya terlihat pada garis belahan rambut yang semakin melebar.

2. Kekurangan Nutrisi

Ternyata kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Beberapa nutrisi yang bisa memengaruhi kesehatan rambut antara lain zat besi dan vitamin D. Zat besi berperan dalam produksi hemoglobin yang membantu penyaluran oksigen ke folikel rambut, sementara vitamin D merangsang pertumbuhan folikel rambut baru. Kekurangan kedua nutrisi tersebut dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan dan terhambatnya pertumbuhan rambut baru.

Baca Juga: Nutrisi Sepanjang Siklus Menstruasi

3. Menjalani Pengobatan

Beberapa jenis penyakit dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok secara berlebihan. Salah satu penyakit yang dikenal menyebabkan rambut rontok adalah kanker. Saat menjalani pengobatan, seperti kemoterapi, rambut akan mengalami kerontokan yang cukup parah bahkan bisa menyebabkan kebotakan.

Related Articles

First Timer
11 Nov 2021

Benarkah Obesitas Bisa Ganggu Siklus Menstruasi?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah membuat beberapa orang jarang olahraga ke luar rumah dan le...
First Timer
14 Jan 2022

Mana Tempat Liburan Favoritmu?

Di awal tahun baru ini, pasti kamu pengen banget kan untuk liburan atau sekedar refreshing dari hiru...
First Timer
28 Nov 2019

Nyeri Pas PMS Bisa Hilang Nggak ya?

Girls, nyeri menstruasi atau yang lebih dikenal sebagai dysmenorrhea bisa dialami kamu sejak menstru...