ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kram Menstruasi kok, Datang dan Pergi?

Kram Menstruasi kok, Datang dan Pergi?

10 Oct 2019

Kram Menstruasi kok, Datang dan Pergi?

Walaupun terasa mengganggu, kram atau nyeri perut menjelang menstruasi kadang bisa jadi pertanda datangnya menstruasi bagi sebagian cewek lho. Kamu begitu juga nggak, Girls? Tapi kalau kram atau nyeri itu nggak dirasakan, pasti persiapanmu menjelang menstruasi malah jadi terlewat kan? Hmm….kenapa sih, kram atau nyeri menstruasi sering datang dan pergi?

Kram atau nyeri menstruasi terjadi karena kerja hormon prostaglandin yang diproduksi oleh rahim, di mana hormon estrogen juga lagi meningkat menjelang menstruasi. Kondisi ini biasanya dialami cewek di usia remaja yang baru mengalami menarche atau saat tubuh kurang beraktivitas.

Saat rahim memproduksi prostagladin cukup banyak, maka akan terjadi peningkatan kontraksi rahim. Kondisi tersebut adalah proses alami tubuhmu untuk meluruhkan dinding rahim dan mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Seiring proses pertumbuhanmu, ukuran rahim akan bertambah besar dan ototnya semakin kuat. Maka, ketegangan yang dipicu oleh kontraksi otot juga akan berkurang. Selain itu, saat kadar progesteron udah teratur dan indung telur bisa melepaskan sel telur yang matang, maka kadar prostagladin akan berkurang. Kondisi ini bisa mencegah rasa nyeri atau kram menstruasi yang kamu rasakan.

Nah, mulai sekarang kamu jangan terlalu menjadikan nyeri atau kram sebagai patokan dalam mempersiapkan menstruasi yang akan datang ya, Girls. Cara tepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencatat dan menghitung siklus menstruasimu sendiri. Kalau mau yang lebih simple, kamu bisa coba menggunakan aplikasi Menstrual Diary dari Laurier. So, kamu bisa mempersiapkan menstruasi yang akan datang dengan lebih baik, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau kenapa kram menstruasinya bisa tiba-tiba datang dan pergi!

Related Articles

First Timer
20 Sep 2019

Lebih Peka Sama Menstruasimu yuk!

Girls, para ahli kesehatan menyarankan supaya setiap cewek memantau dan mencatat segala hal yang ber...
First Timer
11 Nov 2021

Benarkah Obesitas Bisa Ganggu Siklus Menstruasi?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah membuat beberapa orang jarang olahraga ke luar rumah dan le...
First Timer
26 Sep 2019

Menstruasi Bebas Bad Mood

Kamu termasuk orang yang cepat mengatasi bad mood pas menstruasi nggak, Girls? Untuk mengatasi rasa ...