Siapa Bilang Menstruasi Itu Darah Kotor?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siapa Bilang Menstruasi Itu Darah Kotor?

Siapa Bilang Menstruasi Itu Darah Kotor?

05 May 2014

 Siapa Bilang Menstruasi Itu Darah Kotor?

Udah bukan rahasia lagi, kalau banyak banget orang yang anggap bahwa darah menstruasi itu sebenarnya adalah darah kotor yang perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Jangan-jangan, selama ini kamu juga mikir begitu ya, Girls? Emang bener sih, kalau tubuh bakalan mengeluarkan unsur-unsur yang nggak terpakai barengan sama darah menstruasi. Tapi, bukan berarti darah menstruasi itu adalah darah kotor, lho. Karena sebenarnya darah itu adalah darah yang sama kayak darah yang mengalir di dalam tubuh kamu.

Darah menstruasi terdiri dari darah, jaringan dalam rahim yang diluruhkan, dan unsur-unsur dari dalam saluran vagina yang dikeluarkan oleh tubuh. Unsur yang ada di dalam darah menstruasi sebenarnya menggambarkan berbagai tahapan sepanjang siklus menstruasi.

Walaupun begitu, kekentalan darah menstruasi setiap cewek tetap beda-beda. Ketebalan selaput dinding rahim adalah hal utama yang memengaruhi darah menstruasi seorang cewek. Makin tebal selaput dalam dinding rahim, makin kental juga darah menstruasinya.

Nggak cuma itu aja, ada juga unsur-unsur dari saluran vagina yang terdapat di dalam darah menstruasi. Biasanya berupa cairan elektrolit, seperti: sodium dan potasium.

Sedangkan, unsur penting lain yang juga ada di dalam darah menstruasi cenderung rendah kadarnya. Darah menstruasi mengandung lebih banyak air, serta sedikit zat besi dan hemoglobin. Tapi, punya kadar pH yang sama kayak darah biasa, yaitu 7.2. Sedangkan kadar protein, kolesterol dan bilirubin cenderung lebih rendah dibanding darah biasa.

Darah menstruasi nggak punya unsur yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah, makanya bisa tetap cair di dalam ataupun di luar tubuh. Tiga unsur pembeku darah, yaitu: prothrombin, thrombin, dan fibrinogen nggak ada di dalam darah menstruasi. Darah menstruasi malahan mengandung banyak unsur yang bikin darah bisa tetap cair.

Kekentalan darah menstruasi juga tergantung banget sama banyaknya lapisan dalam dinding rahim yang diluruhkan. Jadi, sebenarnya selain selaput dinding rahim dan unsur dari saluran vagina, darah menstruasi adalah darah biasa. Nggak ada tuh, yang namanya darah kotor!

So, sekarang kamu udah paham kan, Girls? Hmm….bisa jadi, teman-teman cewek kamu belum tau tentang hal ini, nih. Share info ini ke mereka, yuk! Supaya mereka nggak sebut darah menstruasi itu darah kotor lagi!

Related Articles

First Timer
27 Aug 2019

Masih Zaman Stres Pas Menstruasi?!

Saat menstruasi, kadar hormon reproduksimu pasti nggak stabil dan membuat emosimu kadang jadi labil ...
First Timer
19 Nov 2019

3 Gejala Menstruasi Nggak Normal yang Harus Kamu Tahu!

Hampir nggak ada cewek yang bilang, “Yeeeaaay... aku menstruasi hari ini!” Benar kan, Gi...
First Timer
21 Nov 2019

Lakukan 8 Cara Ini, Supaya Kamu Tetap Ceria Selama Menstruasi!

Ada kabar seru nih, Girls! Sebenarnya kamu nggak perlu mengalami hari-hari yang lemas dan nggak pede...