Boleh Gak Sih Berenang Pas Lagi Menstruasi? Ini Dia Jawabannya 
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Boleh Gak Sih Berenang Pas Lagi Menstruasi? Ini Dia Jawabannya 

Boleh Gak Sih Berenang Pas Lagi Menstruasi? Ini Dia Jawabannya 

26 Jul 2021

Boleh Gak Sih Berenang Pas Lagi Menstruasi? Ini Dia Jawabannya 

Kamu mungkin termasuk yang ragu ketika diajak teman untuk renang pas kamu lagi menstruasi. Dalam hati sih pengen, tapi takut soalnya banyak bilang kalau darah menstruasi bisa bikin air jadi kotor. Benarkah mitos itu? Sebenarnya boleh gak sih berenang pas lagi menstruasi? 

 

Olahraga saat menstruasi 

Ada beberapa jenis olahraga yang boleh dilakukan saat menstruasi. Salah satunya yaitu jalan kaki. Olahraga ini bisa kamu lakukan karena bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mood kamu pas lagi menstruasi. 

Olahraga lainnya yaitu bersepeda. Gerakan mengayuh ketika bersepeda dipercaya bisa membantu mengurangi rasa kram di perut dan nyeri punggung yang biasa kamu rasakan saat menstruasi. 

Alternatif lainnya yaitu senam ringan. Senam ringan bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, mengatasi pegal, serta membuat kamu lebih bersemangat saat sedang menstruasi. Kamu juga bisa melakukan olahraga yoga atau pilates.  Yoga atau pilates ini dipercaya bisa membantu meregangkan otot sehingga kamu jadi lebih rileks. 

Lalu bagaimana dengan olahraga berenang? Ada banyak banget mitos tentang berenang pas lagi menstruasi. Berikut ini beberapa di antaranya. Pertama, berenang saat menstruasi bisa mencemari air kolam. p Jika keluar pun, kolam renang telah diberi klorin untuk melindungi perenang dari penyebaran penyakit dari cairan seperti keringat atau urin. 

Kedua, darah menstruasi bisa membuat kita jadi mangsa predator. Ingat gak film-film tentang hiu seperti Jaws yang menceritakan kalau hiu itu suka sama darah di air? Wah, males banget ya membayangkan kalau darah menstruasi kita jadi incaran predator di air.

Tapi tenang, faktanya adalah selama kamu berenang di kolam renang pasti aman-aman saja. Bagaimana kalau berenang di laut? Sejauh ini belum ada fakta kasus hiu menyerang wanita yang sedang menstruasi. Bahkan, The Shark Research Institute telah meneliti fakta ini selama bertahun-tahun tanpa menemukan korelasi antara menyelam atau berenang saat menstruasi dengan aktivitas hiu mencari makan. 

Ketiga, berenang bikin haid jadi kram perut semakin sakit. Faktanya, berenang bisa bantu meredakan kram perut saat lagi menstruasi. Logikanya, saat berolahraga tubuh akan menghasilkan endorfin yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami. 

 

Tips berenang saat menstruasi 

Kalau kamu tetap ingin berenang saat menstruasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu bisa berenang dengan nyaman. Berikut ini beberapa di antaranya. 

  1. Kenakan pakaian berwarna gelap
    Kalau kamu masih khawatir darah menstruasi akan bocor, kamu bisa menggunakan pakaian renang berwarna gelap, seperti hitam, biru tua, atau ungu tua. Ya, sebagai antisipasi saja jika terjadi kebocoran darah menstruasi di pakaian. 
     
  2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
    Beberapa orang akan biasanya mengalami perut kram selama menstruasi. Karena itu, untuk mencegah terjadinya kram saat menstruasi, perhatikan makanan yang kamu makan. Hindari konsumsi gorengan, makanan asin, kafein, dan makanan kurang sehat lainnya sebelum kamu berenang. Jika merasakan kram atau nyeri pada perut, kamu bisa minum obat pereda rasa nyeri untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan agar bisa berenang dengan nyaman.
     
  3. Gunakan pakaian yang tepat
    Agar kamu tetap nyaman berenang saat menstruasi, gunakan pakaian yang tepat ya. Pakaian yang tepat di sini maksudnya adalah pakaian yang nyaman dan pas di badan untuk menghindari risiko terjadinya bocor. Hindari menggunakan pakaian renang yang longgar karena selain kurang nyaman juga bisa berisiko terjadinya kebocoran. 

    Nah, setelah selesai berenang kamu bisa kembali menggunakan pembalut agar tetap nyaman. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan pembalut Laurier Super Slimguard Day.
    Ini adalah pembalut ultra slim dengan teknologi lapisan serap ultra tipis 1 mm. Laurier Super Slimguard ini mampu menyerap lebih cepat dan fleksibel mengikuti bentuk tubuh. Dengan Laurier Super Slimguard kamu bisa beraktivitas nyaman seharian tanpa rasa mengganjal.

 

Related Articles

First Timer
12 Nov 2021

Obat yang Bisa Dikonsumsi Saat Menstruasi Tidak Teratur

Hai, girls! Menstruasi jadi salah satu kodrat wanita karena secara normal, wanita akan mengalami men...
First Timer
01 Oct 2019

Istilah-istilah Unik ‘Menstruasi’

Kamu sering nggak sih, mendengar atau memakai kata lain untuk menstruasi seperti ‘dapet’...
First Timer
18 Dec 2019

Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?

Kamu pernah mengalami menstruasi yang hanya terjadi sehari nggak, Girls? Hmm…itu menstruasi a...