Menu

Sex

menstruasi fakta HPV si pemicu kanker serviks

Fakta HPV, Si Pemicu Kanker Serviks

Berbagai informasi telah menjelaskan bahwa kanker serviks (leher rahim) disebabkan oleh sejenis virus yang dikenal dengan nama HPV (Human Papilloma Virus). Tetapi bagaimana masuknya kedalam tubuh kita, dan memicu kanker masih jadi tanda tanya. Ingin tahu? Baca terus artikel ini biar gak rancu dan dapat informasi yang lengkap ya…

Apa sih HPV?
HPV adalah singkatan dari Human papilloma Viruses. Jadi sebenarnya keluarga virus, yang terdiri atas virus jinak hingga ganas. Jenis HPV yang jinak tidak akan menyebabkan seseorang terganggu kesehatannya. Sebaliknya jenis virus yang ganas dapat memicu terjadinya kanker.

Bagaimana kita terkontaminasi HPV?
HPV bisa masuk kedalam tubuh kita melalui kontak saat berhubungan seksual dengan seseorang yang mengidap virus itu di dalam tubuhnya. Sayangnya, kita tidak bisa mengetahui seseorang mengidap HPV atau tidak dengan hanya melihat kondisi fisiknya. Jadi HPV tidak menyebar karena pembalut yang mengandung pemutih, atau minuman dingin seperti yang beberapa saat lalu gencar dibicarakan.

Adakah cara mencegah terinfeksi HPV?
Cara terbaik mencegah terkena infeksi HPV adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual di usia remaja dan sebelum menikah.

Adakah gejala fisik tertentu menandakan seseorang terinfeksi HPV?
Sama sekali tidak ada gejala yang khusus. Karenanya dokter menyarankan perempuan dewasa yang telah menikah dan aktif secara seksual melakukan pemeriksaan setiap tahun secara regular.

Perlukah mendapatkan vaksinasi HPV?
Vaksin HPV diketahui dapat mencegah beberapa jenis infeksi yang sangat ganas yang bisa menyebabkan kanker. Hingga kini belum ada kesepakatan apakah perlu atau tidak seorang anak perempuan yang belum melakukan hubungan seksual mendapatkan vaksinasi HPV tersebut. Hal ini disebabkan karena proses penularannya yang sangat spesifik, melalui hubungan seksual.

Semoga semakin jelas sekarang ya, Girls! Keep virgin, be healthy!
 

Related Articles