5 Langkah Atasi Iritasi di Miss V
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

5 Langkah Atasi Iritasi di Miss V

5 Langkah Atasi Iritasi di Miss V

27 Jun 2019

5 Langkah Atasi Iritasi di Miss V

Kulit di area genital memang punya banyak lipatan dan termasuk sangat sensitif, sehingga cenderung gampang kena iritasi. Kalau kamu tiba-tiba mengalami hal ini, jangan pernah anggap sepele! Sebaiknya, langsung lakukan langkah-langkah berikut supaya kulitmu kembali sehat, dan terhindar dari rasa gatal yang mengganggu.

  • Periksakan area yang kena iritasi ke dokter. Ada berbagai kondisi iritasi yang terlihat sama, tapi sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Kondisi iritasi bisa terjadi karena kelembapan, alergi, atau infeksi.
  • Pakai obat yang diresepkan oleh dokter sesuai dosis. Iritasi perlu ditangani sesuai pemicunya, supaya tuntas dan nggak kambuh lagi (berulang). Hal inilah yang menyebabkan iritasi di area genital sebaiknya cuma diobati dengan obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Sesaat sebelum memberikan salep, sebaiknya area genital yang teriritasi diberi kompresan hangat. Langkah ini diketahui bisa mengurangi rasa nyeri, dan memperbaiki kondisi sel kulit permukaan akibat ruam.
  • Bersihkan area genital dengan air hangat. Jangan pernah memakai cairan pembersih apapun, karena bahan kimia diketahui bisa memicu kondisi iritasi jadi makin parah. Jangan mandi berendam, sebaiknya menggunakan pakaian dalam yang nggak terlalu ketat, dan pilih bawahan atau celana berserat alami, supaya sirkulasi udara ke area genital cukup baik.
  • Kembalilah ke dokter setelah obat habis. Kondisi iritasi yang membaik perlu dipastikan benar-benar tuntas, sehingga nggak akan kambuh (berulang).

Kalau kamu mau terbebas dari iritasi di area miss V-mu, sebaiknya lakukan steps di atas, mulai dari sekarang ya! Ingat, jangan memakai cairan pembersih dan pembalut berpewangi setelah iritasimu sembuh. Bye-bye iritasi!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, biar mereka bisa terbebas dari iritasi di area miss V-nya!

Related Articles

Healthy Body
09 Jan 2020

3 Pemicu Cairan Vaginamu Mengental

Girls, kamu tau nggak? Sebenarnya setiap hari cairan vagina yang kamu hasilkan, fungsinya adalah seb...
Healthy Body
14 Jun 2019

Mitos Tentang Ukuran Payudara

Ada dua hal yang sering diperdebatkan sama perempuan tentang ukuran payudara. Apa aja sih? Pertama, ...
Healthy Body
10 Jan 2020

Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Menikah

Girls, kamu pasti sering dengar kan, kalau sebelum menikah harus cek kesehatan dulu? Tapi, hal ini n...