Kenapa ya, Siklus Menstruasiku Jadi Memendek?
ask dr laurier

Kenapa ya, Siklus Menstruasiku Jadi Memendek?

Kenapa ya, Siklus Menstruasiku Jadi Memendek?

04 May 2019

Kenapa ya, Siklus Menstruasiku Jadi Memendek?

Fyi nih Girls, kalau kamu umurnya udah lebih dari 20 tahun, maka siklus menstruasimu punya pola berulang yang menetap. Maksudnya? Jadiiii, siklus menstruasimu pasti bakalan teratur dengan sendirinya. Makanya kamu bakal gampang sadar kalau misalnya ada perubahan sama siklus menstruasimu. Nah, perubahan ini bisa menandakan banyak hal tentang kesehatan reproduksi. Kondisi yang berhubungan sama perubahan siklus menstruasi adalah kesuburan, keseimbangan kadar hormon, dan kesehatan secara umum.

Siklus menstruasi yang normal, sangat bervariasi di setiap cewek. Ini adalah hal yang unik, karena bener-bener tergantung sama tubuh dan kesehatan setiap orang yang beda-beda. Beberapa cewek punya siklus menstruasi yang pendek dari awal, tapi beberapa juga punya siklus menstruasi yang emang lebih panjang.

Panjang pendeknya siklus menstruasi yang normal beragam banget. Berdasarkan catatan medis, siklus paling pendek bisa berulang setiap 15 hari dan paling panjang berulang setiap 45 hari. Tapi, kebanyakan cewek punya siklus menstruasi antara 21 sampai 35 hari. Siklus ini dihitung sejak hari pertama siklus menstruasi yang lalu sampai ke hari pertama menstruasi berikutnya. Sedangkan, menstruasi berlangsung rata-rata selama 5 – 7 hari. Tapi, menurut fakta medis, menstruasi yang normal terjadi paling sebentar 2 hari, dan paling lama 10 hari.

Cara untuk memastikan siklus menstruasi yang memendek pada setiap cewek itu nggak bisa disamakan. Karena pasti bener-bener beda, tergantung dari siklus menstruasi tetapnya. Contohnya: kalau selama ini siklus menstruasi berulang setiap 21 hari, terus tiba-tiba berubah jadi 18 hari, maka ini termasuk siklus menstruasi yang memendek.

Sebenernya, siklus menstruasi adalah reaksi terhadap periode ovulasi. Setelah periode ovulasi berlangsung, dan nggak terjadi pembuahan sama sekali, maka tubuh bakalan memproduksi FSH (Follicle Stimulating Hormone), yang berfungsi meluruhkan selaput dalam dinding rahim untuk dibersihkan biar keluar dari tubuh. Kalau FSH diproduksi lebih cepat daripada seharusnya, inilah yang bikin menstruasi jadi lebih cepat dan siklus menstruasi memendek.

Ada macem-macem faktor yang bisa menyebabkan siklus menstruasi jadi memendek tiba-tiba, yaitu:

  • Kadar hormon yang nggak seimbang

Siklus menstruasi yang terganggu pastinya dipicu sama kadar hormon yang nggak seimbang. Tapi, ada banyak kondisi yang bisa bikin kadar hormon jadi nggak seimbang. Bisa aja dipicu sama komposisi hormon tubuh yang emang nggak diproduksi seimbang, karena bawaan genetis, stres, gaya hidup, pola makan atau hal-hal lain.

  • Kesehatan umum

Kalau siklus menstruasi kamu selalu pendek, ada kemungkinan kamu kena gangguan kesehatan tertentu, seperti gangguan kelenjar tiroid yang mengganggu keseimbangan produksi (jadi lebih banyak atau lebih sedikit).

  • Faktor lingkungan

Perjalanan, pindah ke tempat baru, sedih karena pisah dari orang-orang terdekat, pindah kerja, atau hal-hal lain yang memicu stres bisa menyebabkan gangguan siklus menstruasi jadi lebih pendek, lho, Girls!

  • Obat-obatan

Mungkin banget kalau jenis obat-obatan tertentu menyebabkan kadar hormon nggak seimbang, dan dampaknya jadi memperpendek siklus menstruasi.

Sebenernya, hal kayak gini perlu nggak sih di bikin cemas? Nah Girls, seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia, sebenarnya siklus menstruasi emang cenderung memendek. Karena setiap cewek bakal memasuki periode menopause, yaitu saat kamu udah nggak bisa lagi mengalami menstruasi. So, dibandingkan siklus menstruasi yang tiba-tiba jadi makin panjang, actually siklus menstruasi yang tiba-tiba memendek, nggak perlu terlalu dipikirkan.

Biasanya, siklus menstruasi yang tiba-tiba memendek karena faktor eksternal bakalan cepet balik lagi ke siklus normal setelah beberapa bulan. Atau sebaiknya kamu coba untuk olahraga teratur, mengurangi stres dengan teknik relaksasi, dan menerapkan pola makan yang sehat. Tapi, kalau pemicunya adalah kondisi kesehatan yang berhubungan dengan kelenjar tiroid, maka terapi hormonal dan obat udah terbukti bakalan sangat membantu.

Hal utama yang penting diperhatikan adalah, jika terjadi ketidakteraturan siklus menstruasi, sebaiknya tidak diabaikan, dan segeralah berkonsultasi dengan dokter karena kesehatan reproduksi Anda sangat penting untuk dijaga.

Jadi Girls, hal utama yang penting untuk diperhatikan adalah, kalau siklus menstruasimu nggak teratur, sebaiknya jangan diabaikan! Kamu harus segera konsultasi ke dokter kandungan supaya bisa tau info yang lebih jelas tentang kondisimu. Karena kesehatan reproduksi itu bener-bener penting untuk dijaga, lho Girls!

Kamu punya pengalaman yang berhubungan sama siklus menstruasi? Tulis ceritamu di kolom komentar, yuk! Jangan lupa share juga artikel ini ke temen-temen cewek kamu, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
24 Sep 2019

Ramuan Manjur Bikin PMS Kabur

Moody, depresi, gampang tersinggung, perut kembung, nyeri kepala atau payudara adalah gejala yang se...
Adulthood
05 Jul 2019

Gimana Caranya Biar Aku Cepat Menstruasi?

Jadi satu-satunya cewek di kelas atau di antara teman hangout yang belum menstruasi, emang bisa jadi...
Adulthood
29 Mar 2022

Mengenal Feromon, Hormon yang Menandakan Masa Subur Wanita

Nafsu atau hasrat seksual wanita bisa dilihat atau diatur dari siklus menstruasi. Mengapa demikian? ...