Gerakan Yoga yang Patut Dicoba Biar Nyeri Haid Cepat Reda
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Gerakan Yoga yang Patut Dicoba Biar Nyeri Haid Cepat Reda

Gerakan Yoga yang Patut Dicoba Biar Nyeri Haid Cepat Reda

11 Jan 2021

Gerakan Yoga yang Patut Dicoba Biar Nyeri Haid Cepat Reda

 Salah satu masalah terbesar perempuan ketika menstruasi adalah nyeri haid. Nyeri haid yang muncul saat menstruasi memang bisa jadi sangat menyiksa. Wajar jika kebanyakan perempuan mungkin akan memilih untuk mengistirahatkan diri dengan mengurangi aktivitas fisik atau banyak berbaring ketika nyeri haid mulai melanda. 

  Namun, mengurangi aktivitas fisik dan berbaring sebetulnya bukanlah solusi tepat untuk mengatasi nyeri haid. Alih-alih mereda, rasa sakit akibat nyeri haid justru bisa semakin buruk atau parah apabila kamu kurang bergerak. Karena itu, di samping minum obat nyeri haid dan mengompres perut dengan air hangat, kamu juga dianjurkan tetap bergerak dan rutin melakukan olahraga ringan untuk membuat nyeri haid lebih cepat reda.

Olahraga ringan yang bisa membantu meredakan nyeri haid antara lain adalah yoga. Meski begitu, perlu diingat bahwa tidak semua gerakan yoga cocok kamu lakukan saat sedang menstruasi atau nyeri haid. Agar tidak bingung, kamu bisa mengikuti panduan dari Laurier mengenai daftar gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid berikut. 

Gerakan Yoga untuk Membantu Redakan Nyeri Haid: Reclining Twist

Tidak hanya membantu meredakan nyeri haid di perut. Gerakan yoga reclining twist juga bisa membantu meredakan nyeri akibat menstruasi yang muncul di area punggung bawah. Untuk memulai gerakan ini, berbaringlah dengan posisi terlentang sambil merentangkan tangan. Kemudian, silangkan lutut kiri ke sisi kanan tubuh dan hadapkan wajah ke arah kiri. Bertahanlah dalam posisi tersebut selama lima tarikan napas. Jika sudah, kamu bisa mengembalikan lutut ke posisi awal dan mengulangi gerakan tersebut dengan arah yang berlawanan (gantian lutut kanan yang disilangkan ke sisi kiri tubuh dan gantian hadapkan wajah ke arah kanan). 

Gerakan Yoga untuk Membantu Redakan Nyeri Haid: Wide Child's Pose

Gerakan yoga wide child's pose hampir mirip seperti gerakan orang bersujud. Untuk memulainya, letakkan kedua lutut di atas lantai atau matras dan berilah jarak yang agak lebar antara keduanya Lalu, perlahan-lahan lipat atau tundukkan tubuh sambil merentangkan kedua tangan ke depan hingga area dahi menempel dengan matras. Bertahanlah dalam posisi tersebut selama lima tarikan napas, lalu tolehkan kepala atau hadapkan wajah ke arah kiri dan kanan secara bergantian (masing-masing selama lima tarikan napas juga). Selain membuat perut jadi lebih rileks, gerakan ini juga dapat membantu mengurangi nyeri haid pada area pinggul. 

Gerakan Yoga untuk Bantu Redakan Nyeri Haid: Arching Pigeon

Awali gerakan yoga arching pigeon dengan duduk di atas lantai atau matras. Kemudian, tekuk lutut kanan ke depan dan panjangkan kaki kiri lurus ke belakang. Lanjutkan gerakan dengan melengkungkan punggung sambil mengangkat kedua tangan ke udara. Bertahanlah dalam posisi tersebut selama lima tarikan napas, lalu ulangi gerakan tersebut untuk sisi sebaliknya (lutut kiri yang ditekuk ke depan dan kaki kanan yang dipanjangkan atau diluruskan ke belakang). Konon, gerakan yoga arching pigeon ampuh untuk meredakan kram atau nyeri haid pada bagian perut karena membantu "membuka" atau meregangkan pinggul. 

Gerakan Yoga untuk Redakan Nyeri Haid: Camel Pose

Sesuai namanya, gerakan yoga camel pose adalah gerakan berpose seperti unta. Caranya cukup mudah. Berlututlah di atas lantai atau matras, lalu berusahalah untuk meraih dan memegang kedua pergelangan kaki yang ada di belakang tubuh. Kemudian, turunkan kepala ke arah punggung dengan perlahan dan bertahanlah dalam posisi tersebut selama lima tarikan napas. Gerakan ini dapat membantu meredakan nyeri haid karena mendorong adanya peregangan di area paha depan, perut, hingga dada. 

Gerakan Yoga untuk Bantu Redakan Nyeri Haid: Cat Pose

Jika gerakan yoga camel pose mengharuskanmu untuk berpose seperti unta, gerakan yoga cat pose mengharuskanmu untuk berpose seperti kucing. Langkah pertama, bertumpulah pada kedua lutut dan telapak tangan. Posisi tanganmu harus lurus dan sejajar dengan bahu, sedangkan posisi lututmu harus berada tepat di bawah pinggul. Jika posisinya sudah benar, kamu bisa mulai menurunkan dagu ke arah dada sambil menarik napas dalam-dalam. Selanjutnya, buanglah napas sambil kembali menaikkan dagu dan melengkungkan punggung seperti kucing yang sedang meregangkan tubuh. Gerakan yoga cat pose akan sangat membantu mengurangi rasa sakit, terutama jika nyeri haidmu diikuti oleh sembelit. 

Gerakan Yoga untuk Bantu Redakan Nyeri Haid: Tiger Pose

Selain berpose seperti unta atau kucing, kamu juga bisa mencoba berpose seperti harimau atau melakukan gerakan yoga tiger pose untuk meredakan nyeri haid. Khususnya, jika kamu mengalami nyeri haid pada punggung bawah. Awali gerakan ini dengan bertumpu pada kedua lutut dan telapak tangan. Seperti halnya saat hendak melakukan gerakan yoga cat pose, pastikan posisi tanganmu lurus serta sejajar dengan bahu dan posisi lututmu tepat berada di bawah pinggul. Jika posisinya sudah benar, dongakkan kepala sambil mengangkat dan merentangkan salah satu kakimu ke arah langit-langit. Bertahanlah dalam posisi tersebut selama tiga tarikan napas, lalu ulangi gerakan sebelumnya untuk kaki yang satu lagi. 

Apabila masih kesulitan membayangkan gerakan-gerakan yoga tersebut, Laurier menyarankan kamu untuk mengikuti video-video yoga yang bisa dengan mudah ditemukan di internet. Jika sudah terbiasa, kamu juga boleh mengulang atau menambah durasi gerakan-gerakan yoga tersebut sesuai dengan kemampuanmu. Yang terpenting, pastikan kamu melakukannya dengan tepat agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal. 

Oh, iya. Laurier juga mau ngingetin nih, Girls. Kalau saat menstruasi kamu mau melakukan gerakan yoga, olahraga ringan, ataupun aktivitas fisik lain yang melibatkan banyak pergerakan, pastikan kamu sudah menggunakan pembalut Laurier Super Slimguard. Pembalut Laurier Super Slimguard telah didesain fleksibel serta mampu mengikuti bentuk tubuh sehingga bisa mencegah darah menstruasi "bocor" dan "tembus" meskipun kamu aktif bergerak. Dengan pembalut Laurier Super Slimguard, kamu pun jadi bisa lebih bebas melakukan gerakan untuk mengatasi nyeri haid!   

Related Articles

Adulthood
11 Oct 2019

Kok, Menstruasiku Cuma Sebentar sih?

Bagi kebanyakan cewek, setiap kali mengalami menstruasi adalah periode yang menantang. Kamu salah sa...
Adulthood
26 Aug 2019

Lawan Kram Menstruasimu!

Kamu tau nggak, Girls, data WHO menyatakan kalau ¾ perempuan ternyata mengalami kram saat men...
Adulthood
21 Jun 2019

Apa Itu Klamidia?

Girls, kamu pernah dengar tentang klamidia nggak? Klamidia adalah penyakit menular seksual yang dita...