Berapa Kali sih, Cewek Mengalami Menstruasi?
ask dr laurier

Berapa Kali sih, Cewek Mengalami Menstruasi?

Berapa Kali sih, Cewek Mengalami Menstruasi?

18 Sep 2019

Berapa Kali sih, Cewek Mengalami Menstruasi?

Kamu pasti udah tau kan, kalau menstruasi akan dialami sama semua cewek saat sistem reproduksinya udah matang? Tapi, menstruasi pertama yang dialami setiap cewek pasti berbeda-beda lho! Misalnya, temanmu mengalami menstruasi di usia 10 tahun, sedangkan kamu baru mengalaminya di usia 15 tahun. Nah, kamu nggak perlu cemas, Girls! Hal ini memang wajar kok, karena setiap cewek punya keunikan masing-masing dan proses pertumbuhan yang khas, Girls.

Mungkin kamu berpikir, “Seberapa sering sih, menstruasi dialami cewek?”. Nah, untuk bisa menjawab pertanyaanmu, pertama-tama kamu harus paham yang namanya siklus menstruasi dulu nih, Girls! Siklus menstruasi adalah jarak waktu terjadinya satu menstruasi ke menstruasi selanjutnya. Jarak waktu ini dihitung dari hari pertama menstruasimu sekarang sampai hari pertama menstruasi selanjutnya.

Misalnya, kamu menstruasi pada tanggal 14 Agustus, lalu kamu menstruasi lagi di tanggal 16 September, maka jarak waktu atau siklus menstruasimu adalah 34 hari. Berarti setiap 34 hari kamu akan mengalami menstruasi. Kalau dihitung dalam satu tahun, tinggal kamu hitung 365 hari dibagi 34 kali, berarti kamu akan mengalami menstruasi sebanyak sepuluh kali.

Dari hasil ini kamu bisa lihat kan, kalau menstruasi itu nggak terjadi 12 kali? Karena menstruasi sebenarnya nggak terjadi setiap bulan, melainkan setiap siklus. Rumus di atas cuma contoh yang bisa kamu pakai untuk menghitung seberapa banyak kamu mengalami menstruasi. Jadi, tinggal kamu sesuaikan aja angkanya ya, Girls.

Berdasarkan data medis, siklus menstruasi seorang cewek yang normal adalah 15 hari (paling pendek) sampai 45 hari (paling panjang). Tapi, rata-rata siklus menstruasi cewek adalah 21 – 35 hari. Hal lain yang nggak kalah penting adalah saat usia remaja sampai akhir usia 20 tahun, wajar banget kalau menstruasimu nggak teratur. Kondisi ini disebabkan karena cewek masih mengalami proses pertumbuhan fisik, sehingga sistem reproduksimu belum bisa mengatur menstruasi secara tepat.

Tapi tenang aja, Girls! Biasanya setelah satu atau dua tahun sejak kamu mengalami menstruasi pertama, siklus menstruasimu bakal lebih teratur dan menetap. Tapi, memang ada juga beberapa cewek yang siklus menstruasinya masih nggak teratur sampai usia dewasa, karena disebabkan kondisi tertentu.

Makanya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga, supaya seluruh proses pertumbuhanmu berlangsung dengan baik. Eits, nggak cuma itu aja! Kamu juga harus menghindari stres ya, Girls! Karena stres juga bisa mengganggu siklus menstruasimu, dan membuatmu nggak nyaman beraktivitas pas lagi menstruasi.

Nah, sekarang kamu tau kan, bagaimana cara menghitung jumlah menstruasi yang kamu alami? Nggak cuma hitungan bulan aja, kamu juga bisa menghitung pertahunnya lho, Girls. Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau cara menghitung jumlah menstruasi yang dialaminya!

Related Articles
First Timer
04 Dec 2019

Tanggal Berapa ya, Menstruasiku?

Girls, para ahli kesehatan udah menyarankan semua cewek supaya mereka memantau masa menstruasinya. H...
First Timer
31 Aug 2019

4 Gejala Menstruasi yang Bikin Panik Para Cewek

Girls, kalau menstruasimu tiba-tiba nggak teratur pasti bikin kamu jadi bingung atau khawatir, benar...
First Timer
10 Oct 2019

Bete Pas Menstruasi? Nggak Lagi dong!

Cewek yang serba salah menjelang menstruasi memang udah bukan hal yang aneh lagi. Right, Girls? Mung...