Menu

Sex

menstruasi work it out

Work It Out!

Masih memakai alasan standar "lagi dapet" untuk bisa bebas dari jam pelajaran olahraga? Wah, jangan lagi terjebak sama mitos bahwa cewek yang sedang menstruasi, harus jauh-jauh dari olahraga! Karena tahukah kamu kalau sebanyak sepertiga dari peraih medali emas cewek di Olimpiade, sedang mengalami menstruasi saat mereka menang? Wah! Berartiā€¦ menstruasi bukan halangan untuk tetap berolahraga!

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa menstruasi memang bukan halangan untuk beraktivitas apa pun, termasuk olahraga. Justru olahraga teratur disarankan karena ternyata merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit dan nggak nyaman sebelum atau pada saat menstruasi.

Olahraga secara teratur juga bisa memperbaiki mood yang naik-turun nggak jelas pada saat menstruasi. Sebab, olahraga akan memancing produksi hormon endorfin yang bisa bikin kita happy!

Menstruasi bikin penampilan kita di lapangan jadi kacau? Nggak ada penelitian yang bisa membuktikannya, tuh. Sebuah penelitian pada perenang cewek kelas dunia malah menyebutkan kalau cewek-cewek jagoan ini berenang semakin cepat pada saat mereka menstruasi!

Ups, tapi ada sejumlah kasus di mana latihan berat yang dilakukan secara rutin mungkin bisa mengganggu siklus menstruasi. Para atlit cewek tingkat dunia, terutama pada cabang olahraga atletik, renang, balap sepeda, bela diri serta tenis, terbukti mengalami gangguan seperti ini. Bahkan dancers pun kerap mengalami. Tapi ternyata penyebab utamanya bukanlah olahraganya, tapi juga ada faktor lain seperti stres, perubahan hormon dan berat badan.

Ssstt.. berhubung kita bukan atlit profesional, kita mungkin belum terbiasa untuk berlatih dengan porsi yang sama dari hari ke hari. Jadi biar badan kita nggak kaget, pada awal menstruasi, kurangi sedikit porsi latihan kita dari yang biasa kita lakukan.

Pada awal menstruasi, kita sering ngerasa malas bergerak dan cepat lelah. Jangan terbawa perasaan ini ya, sebab penelitian baru di Australia menyatakan bahwa berolahraga di minggu pertama menstruasi akan terasa lebih ringan, kok. Plus membakar kalori lebih banyak!

Yang jelas, olahraga waktu menstruasi aman-aman aja, kok. Lagipula, kalau memang kita nggak boleh berolahraga saat menstruasi, kenapa iklan pembalut wanita menampilkan cewek yang lagi olahraga? Nah!

Related Articles