ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ternyata Menstruasi dan Menyusui Saling Berkaitan, Loh!

Ternyata Menstruasi dan Menyusui Saling Berkaitan, Loh!

Author: Tim Edukasi Laurier

06 Mar 2023

Ternyata Menstruasi dan Menyusui Saling Berkaitan, Loh!

Mengatasi Produksi ASI Berkurang Selama Menstruasi

Mencegah perubahan rasa pada ASI saat menstruasi tidak bisa dilakukan karena ini terjadi secara alami. Namun, kamu bisa mengatasi masalah produksi ASI yang berkurang dengan beberapa cara berikut ini:

  • Sering menyusui

Isapan bayi saat menyusui dapat merangsang produksi ASI sehingga ada baiknya jika kamu lebih sering menyusui bayi daripada biasanya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pompa ASI untuk membantu perangsangan.

  • Konsumsi booster ASI

Meskipun pada hari biasanya produksi ASI sudah bisa memenuhi kebutuhan bayi, tetapi ada baiknya jika kamu mengonsumsi booster ASI, terutama menjelang awal siklus menstruasimu. Kamu bisa mengonsumsi daun katuk atau sayuran lain yang baik untuk meningkatkan produksi ASI. Kamu juga bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai camilan harian, karena selain menyehatkan kacang-kacangan juga bisa membantu melancarkan produksi ASI.

  • Konsumsi suplemen

Kadar kalsium yang berkurang mendekati datangnya menstruasi juga merupakan penyebab produksi ASI berkurang. Namun, suplemen kalsium sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan magnesium karena keduanya bekerja dengan saling mendukung satu sama lain. Namun ada baiknya jika kamu tetap mengonsultasikannya terlebih dahulu pada doktermu sebelum mengonsumsi suplemen.

Harus menyusui saat menstruasi datang mungkin akan membuatmu merasa kurang nyaman. Sebab, sejak memasuki fase ovulasi hingga menstruasi, puting terasa lebih sensitif dibanding biasanya. Tidak hanya itu, nyeri perut yang mungkin terjadi selama awal menstruasi juga akan membuatmu semakin tidak nyaman. Jika kamu benar-benar merasa kurang nyaman akibat hal tersebut, kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter untuk membantumu mengatasinya.

Selain itu, kamu juga sebaiknya lebih memerhatikan pembalut yang akan digunakan selama menstruasi karena kulit akan lebih sensitif di masa menyusui. Pilihlah pembalut yang aman dan juga nyaman untuk kulit sensitif seperti Laurier Healthy Skin. Laurier Healthy Skin telah teruji klinis mencegah lembap dan iritasi, sehingga aman untuk kulit sensitif. Dilengkapi dengan 3D pori bergelombang sehingga permukaan pembalut tidak sepenuhnya bersentuhan dengan kulit area kewanitaan dan meningkatkan 80% sirkulasi udara. Selain itu, Laurier Healthy Skin ini juga memiliki permukaan yang ekstra lembut dan nyaman di kulit. Dengan menggunakan Laurier Healthy Skin, kamu juga gak perlu khawatir atau worry iritasi saat menstruasi datang selama masa menyusui.

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
15 Mar 2020

Mitos vs Fakta Tentang Kehamilan yang Harus Moms Tahu!

Pasti banyak banget mitos-mitos tentang kehamilan yang pernah kamu dengar, iya kan? Moms masih perca...
Author: Tim Edukasi Laurier
27 Feb 2020

Tips Merawat Miss V Setelah Melahirkan Normal

Moms, kamu tau kan, kalau merawat vagina sangat penting dan wajib dilakukan setelah melahirkan? ...
Author: Tim Edukasi Laurier
11 Nov 2021

Mengenal Diafragma, “Kondom” untuk Perempuan

Kondom merupakan salah satu kontrasepsi yang terbuat dari bahan sejenis karet yang dipakaikan pada a...