ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Nggak Usah Bingung, Lakukan Hal ini Ketika Anak Perempuanmu Menstruasi!

Nggak Usah Bingung, Lakukan Hal ini Ketika Anak Perempuanmu Menstruasi!

20 May 2019

Nggak Usah Bingung, Lakukan Hal ini Ketika Anak Perempuanmu Menstruasi!

Setelah jadi orang tua, ada momen-momen yang terkadang membuat bingung, dulu mungkin menyikapi tingkah si kecil. Sekarang setelah si kecil beranjak remaja, kamu bingung bagaimana menyikapi anak perempuanmu yang mulai mengeluhkan masalah PMS dan mengalami menstruasi pertamanya. Sebagai Ibu, ini merupakan momen penting yang juga bisa memperkuat bondingmu dengan anak perempuanmu, pastikan kamu membantunya mengatasi gejala PMS dan menjelaskan tentang menstruasi pertamanya. Coba lakukan beberapa hal ini, Bu!

  1. Menenangkannya dengan mengatakan kalau wajar aja saat PMS mengalami kram perut, nyeri punggung, atau payudara yang terasa kencang dan nyeri.
  2. Menyarankannya untuk menaruh bantal atau botol berisi air hangat di perut atau punggung bagian bawah dan minum obat penghilang rasa sakit yang mengandung ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen untuk mengurangi rasa nyerinya.
  3. Ingatkan dia untuk kurangi makanan mengandung tinggi garam, bertepung, mengandung gula, dan berkafein tinggi supaya dia nggak ngerasa kembung dan mual.
  4. Siapkan makanan yang mengandung kalsium, vitamin C, dan berserat tinggi untuknya serta ingatkan untuk perbanyak minum air.
  5. Jangan terbawa emosi kalau dia gampang marah atau sensitif terhadap sesuatu, cukup tenangkan emosi dan pikirannya, sehingga dia bisa mengaturnya kembali normal.
  6. Sarankan juga agar dia mandi dengan air hangat supaya badannya lebih rileks dan menghilangkan rasa capeknya. Air hangat juga bisa membantunya lebih mudah tidur malam, lho.

Itulah enam cara yang bisa kamu lakukan supaya anak perempuanmu lebih mudah melewati gejala PMS dan menstruasi yang dialaminya. Nggak ribet, kan? Semoga tips ini bisa membantu ya!

Related Articles

Motherhood
17 Oct 2022

Merencanakan Jenis Kelamin Anak, Apakah Bisa?

Memiliki keturunan memang mimpi banyak pasangan suami istri. Meski begitu, rencana waktu, metode, ju...
Motherhood
17 Jul 2020

Tips Basmi Bekas Jerawat Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan, pasti kamu happy banget kan? Setelah menunggu selama 9 bulan, akhirnya kamu bisa b...
Motherhood
14 Jun 2022

Kenapa ya Seseorang Bisa Mengalami Hamil Anggur?

Setiap pasangan suami istri pasti akan merasa bahagia ketika mendengar berita tentang kehamilan. Bah...