Morning Sickness Mengganggu Aktivitas? Kamu Harus Lakukan Ini!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Morning Sickness Mengganggu Aktivitas? Kamu Harus Lakukan Ini!

Morning Sickness Mengganggu Aktivitas? Kamu Harus Lakukan Ini!

01 Feb 2020

Morning Sickness Mengganggu Aktivitas? Kamu Harus Lakukan Ini!

Saat memasuki trisemester awal kehamilan, kamu mengalami mual dan muntah, iya kan, Moms? Kondisi ini biasanya disebut sebagai morning sickness dan bisa terjadi sepanjang hari, jadi walaupun istilahnya “morning sickness” bukan berarti hanya terjadi di pagi hari lho, Moms. Biasanya morning sickness dimulai sejak enam minggu kehamilan dan akan hilang di bulan ketiga masa kehamilan. Tapi, sekitar 10 persen wanita mengalami morning sickness sampai minggu ke-20 atau sekitar lima bulan masa kehamilan.

Gejala mual dialami oleh sekitar 80% wanita hamil, sedangkan muntah dialami sekitar 50% wanita hamil. Morning sickness disebabkan karena adanya perubahan hormon di tiga bulan pertama (trisemester awal) kehamilan. Selain itu, ada juga beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko wanita mengalami morning sickness, Moms. Hmm…apa aja ya?

  • Hamil anak pertama
  • Pernah mengalami morning sickness di kehamilan sebelumnya
  • Mengandung anak kembar
  • Riwayat morning sickness di dalam keluarga
  • Memiliki riwayat mual akibat alat kontrasepsi yang mengandung estrogen
  • Memiliki riwayat mabuk kendaraan
  • Stres
  • Obesitas

Morning sickness sebenarnya nggak membahayakan ibu dan janin, tapi kondisi ini bakal mengganggu aktivitas sehari-hari. Pastinya hal itu sangat menyiksa kan, Moms? Yuk, coba tips di bawah ini, untuk mengatasi morning sickness, Moms!

  • Perbanyak minum air dengan cara meneguknya sedikit demi sedikit untuk mencegah mual dan muntah, Moms. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, hindari minuman dingin, manis atau minuman yang beraroma tajam ya, Moms.
  • Hindari makanan atau aroma makanan yang dapat menyebabkan mual. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah lemak. Sebaiknya, kamu mengonsumsi makanan dalam porsi yang sedikit namun sering.
  • Moms, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe atau suplemen jahe, karena jahe bisa meredakan perut yang mual. Memberikan sedikit irisan jahe dalam teh hangatmu, cukup akan meredakan mualmu, Moms.
  • Istirahat yang cukup. Kalau kamu merasa mual saat mau bangun tidur, bangunlah secara perlahan. Kalau perlu, sebelum bangun dari tempat tidur, kamu mengonsumsi makanan ringan supaya mualnya berkurang.
  • Gunakanlah pakaian yang nyaman dan hindari pakaian dengan bagian pinggang yang ketat ya, Moms.
  • Coba alihkan pikiran kamu sebisa mungkin, supaya nggak memikirkan mual yang kamu rasakan, Moms. Semakin kamu pikirkan, mual akan semakin terasa.

Sekarang udah tau cara mengatasi morning sickness kan, Moms? Walaupun wajar dialami selama 12 minggu masa kehamilan, tapi muntah dan mual harus tetap diwaspadai ya, Moms. Karena bisa menyebabkan dehidrasi atau kurang gizi apabila penderitanya sama sekali nggak bisa menelan makanan atau minuman. Kalau kamu mengalami morning sickness, dan sudah mencoba tips di atas, tapi gejalanya nggak kunjung reda, sebaiknya segera temui dokter ya, Moms!

Ajak teman-teman yang lain baca artikel ini yuk, Moms! Supaya mereka juga mengetahui into tentang morning sickness dan bisa mengatasinya!

Related Articles

Motherhood
15 Oct 2021

Sering Dikira Datang Bulan, Ini Beda Pendarahan Implantasi dan Menstruasi 

Untuk wanita dewasa yang sudah berhubungan badan, tentunya berpotensi untuk hamil dan berhenti menga...
Motherhood
22 Oct 2020

Masturbasi Saat Hamil. Aman Enggak, Sih?

Selalu ada perdebatan membingungkan tentang hal yang boleh dan nggak boleh dilakukan oleh ibu hamil,...
Motherhood
25 Jan 2020

Bebas Gerak Tanpa Bengkak

Pas lagi hamil, kaki bengkak pasti mengganggu aktivitas kan, Moms? Memasuki akhir trimester kedua at...