ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Keluar Darah Pasca 40 hari Melahirkan, Darah Nifas atau Menstruasi?

Keluar Darah Pasca 40 hari Melahirkan, Darah Nifas atau Menstruasi?

02 Feb 2024

Keluar Darah Pasca 40 hari Melahirkan, Darah Nifas atau Menstruasi?

Keluarnya darah dari vagina pasca persalinan adalah hal normal. Darah ini disebut dengan darah nifas atau lokia yang berasal dari pembuluh darah yang robek akibat lepasnya plasenta dan keluar saat proses persalinan. Selain itu, keluarnya darah nifas ini juga merupakan cara tubuh membuang sisa jaringan berlebih pada tubuh yang dibutuhkan pada masa kehamilan, untuk membantu perkembangan janin.

Periode Waktu Keluarnya Darah Nifas

Periode waktu keluarnya darah nifas bisa beragam pada setiap orang. Namun, pada umumnya berlangsung sekitar 4 - 6 minggu pasca persalinan. Berikut ini adalah kondisi darah nifas yang umum terjadi sesuai periode waktunya:

  • Hari ke-1: Aliran darah masih deras dan berwarna merah segar atau merah kecoklatan, dengan adanya gumpalan-gumpalan kecil mirip seperti ketika terjadi darah haid menggumpal selama menstruasi.
  • Hari ke-2 hingga ke-6: Aliran darah mulai berkurang dan warnanya adalah coklat tua atau merah muda, masih disertai gumpalan tetapi berukuran lebih kecil.
  • Hari ke-7 hingga ke-10: Darah masih berwarna coklat tua atau merah muda, tetapi lebih terang dan alirannya semakin sedikit.
  • Hari ke-11 hingga ke-14: Warna darah masih sama yaitu coklat tua atau merah muda tetapi semakin terang. Alirannya juga semakin sedikit, sehingga mulai periode ini mungkin saja beberapa kali kamu akan akan melihat pembalut bersih tanpa noda.
  • Minggu ke-3 hingga ke-4: Warna darah mulai berubah lebih pucat, menjadi putih atau krem dengan aliran yang semakin ringan.
  • Minggu ke-5 hingga ke-6: Darah hanya berupa noda berwarna coklat, merah muda, atau kuning krem dan mungkin tidak keluar setiap waktu, hanya pada waktu tertentu saja.

Namun, kondisi ini mungkin saja sedikit berbeda pada beberapa orang. Jadi, jika ternyata kamu mengalami adanya perbedaan, jangan terlalu panik dulu, ya.

Baca Juga: 3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

Darah Nifas Lebih dari 40 Hari, Wajarkah?

Bagaimana ya jika sudah melewati 40 hari, tetapi masih ada darah yang keluar dari vagina? Meskipun hanya berupa bercak kecoklatan. Apakah ini termasuk darah nifas atau menstruasi?

Sebenarnya, meskipun darah nifas pada umumnya selesai pada minggu ke-6, ternyata pada beberapa orang bisa juga mengalaminya hingga lebih dari hari ke-40 atau lebih dari minggu ke-6. Bahkan ada yang bisa mencapai minggu ke-12.

Related Articles

Motherhood
15 Aug 2023

Girls, Pernah Dengar Istilah Sindrom Asherman?

Tahukah kamu dengan sindrom asherman? Walau jarang sekali terjadi, namun kondisi langka ini dapat me...
Motherhood
11 Nov 2021

Mengenal Diafragma, “Kondom” untuk Perempuan

Kondom merupakan salah satu kontrasepsi yang terbuat dari bahan sejenis karet yang dipakaikan pada a...
Motherhood
09 Oct 2020

Awas, TBC Beri Dampak Buruk Saat Hamil!

Hi, Moms! Tau kan apa itu TBC? Tuberculosis atau yang biasa kita kenal dengan TBC adalah penyakit pa...