Cara Cegah Ruam Kulit Saat Menopause
ask dr laurier

Cara Cegah Ruam Kulit Saat Menopause

Cara Cegah Ruam Kulit Saat Menopause

09 Oct 2020

Cara Cegah Ruam Kulit Saat Menopause

Moms, cepat atau lambat menopause akan terjadi pada setiap wanita yang sudah memasuki usia lanjut. Akan banyak hal yang berubah dalam diri seorang wanita ketika menopause, salah satunya ada perubahan kondisi kulit. Ketidakseimbangan hormon pada wanita yang memasuki masa menopause dapat menyebabkan munculnya ruam pada kulit yang disebut pruritus.

Tubuh akan mengalami pengurangan hormon estrogen ketika wanita memasuki masa menopause, menurunnya kadar estrogen menimbulkan hot flash, dimana seseorang merasakan sensasi kepanasan yang dahsyat dari dalam tubuh. Fenomena hot flash ini pun membuat kulit wanita jadi lebih sensitif terhadap perubahan suhu terutama suhu panas karena dapat menimbulkan ruam merah pada kulit.

Tentunya ruam pada kulit itu bikin tubuh jadi ga nyaman kan? Nah Moms bisa melakukan hal-hal dibawah ini untuk mencegah ruam kulit saat memasuki masa menopause.

1. Menjaga kelembaban kulit

Berkurangnya hormon estrogen dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, Moms perlu menggunakan pelembab untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Sebaiknya pelembab yang digunakan itu tidak mengandung pewangi ya Moms, biar ga menimbulkan iritasi yang lebih parah. Pelembab dari dari bahan alami seperti minyak kelapa atau gel lidah buaya bisa jadi solusi yang tepat loh Moms.

2. Konsultasi dengan dokter kulit

Cara lain untuk mencegah ruam pada kulit saat menopause adalah dengan membuat konsultasi ke dokter kulit. Hal ini bisa dilakukan sedini mungkin Moms, saat memasuki fase awal menopause, Moms bisa membuat janji temu ke dokter kulit untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada kulit Moms, dan mendapatkan Tindakan preventif untuk mencegah terjadinya ruam pada kulit.

3. Minum air putih

Moms pasti tau kan? Kalau air putih adalah minuman sederhana dengan sejuta khasiat. Bukan hanya mempermudah kerja tubuh, namun minum air putih yang cukup juga akan meningkatkan Kesehatan kulit loh. Seperti halnya sel lain dalam tubuh, sel kulitpun terbuat dari air. Sehingga dengan meminum air putih yang cukup, Moms memastikan kulit sudah terhidrasi dengan baik dari dalam.

4. Kompres basah

Jika minum air putih adalah menghidrasi kulit dari dalam, maka selain menggunakan pelembab, kompres dingin atau kompres basah juga bisa digunakan untuk mengurangi iritasi atau menjaga kelembaban pada kulit. Caranya mudah Moms, cukup dengan membasahi kain atau pakaian dan menempelkannya di kulit yang kering untuk mengurangi iritasi.

Ternyata mudah ya Moms untuk mencegah ruam pada kulit saat menopause. Hal terpenting yang perlu Moms lakukan adalah melakukan perawatan pada kulit sedini mungkin dan konsultasikan ke dokter kulit bila perlu.

Jangan lupa share artikel ini ke orang-orang terdekat ya Moms! Biar mereka juga tau gimana caranya mencegah ruam pada kulit saat menopause. Saatnya bilang, bye-bye pruritus!

Related Articles
Motherhood
15 Apr 2020

Tips Tampil Flawless Saat Hamil

Semua perempuan pasti selalu ingin tampil cantik di manapun dan kapanpun kondisinya. Tak terkecuali ...
Motherhood
25 Jan 2020

Jadi Ibu atau Teman? Bisa Dua-duanya kok!

Kalau anak perempuan udah beranjak dewasa, pasti banyak kebiasaan dan perilaku dari dirinya yang mul...
Motherhood
16 Aug 2021

Amankah Vaksinasi Covid untuk Ibu Hamil?

Untuk memutus tali rantai penularan virus korona yang sedang terjadi, Pemerintah mengharuskan masyar...