4 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Sel Telur
ask dr laurier

4 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Sel Telur

4 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Sel Telur

26 Aug 2022

4 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Sel Telur

Untuk bisa memiliki keturunan, ada banyak sekali faktor pendukungnya. Dari mulai kesehatan dan kekuatan rahim, serta kualitas dari sperma dan juga sel telur yang dihasilkan oleh laki-laki dan perempuan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah proses singkat terjadinya kehamilan.

Proses Terjadinya Kehamilan

Pada masa ovulasi, sel telur akan dilepaskan ke tuba falopi. Di sinilah sel telur yang telah matang kemudian akan dibuahi oleh sperma. Jika proses ini berhasil, maka dalam waktu 24 jam sel telur akan berkembang menjadi zigot kemudian setelahnya menjadi embrio dan menempel pada dinding rahim. Proses menjadi embrio ini membutuhkan waktu sekitar 5-10 hari. Kelancaran proses pembuahan ini akan sangat dipengaruhi oleh kualitas dari sel telur yang dihasilkan.

4 Cara Meningkatkan Kualitas Sel Telur

Untuk mendapatkan sel telur yang berkualitas dan sehat, kamu bisa melakukan 4 cara berikut ini:

  • Mengelola stres

Ketika kamu stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan prolaktin. Kedua hormon ini dapat memengaruhi proses ovulasi, yaitu menghambatnya atau bahkan menghentikan ovulasi. Selain itu, juga dapat menghambat produksi sel telur. Ada baiknya, jika kamu segera mencari cara terbaik untuk mengatasi stres yang dirasakan, seperti pergi berlibur bersama orang tersayang atau melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa menyegarkan pikiranmu.

  • Mengatur pola makan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh, termasuk kualitas sel telur yang diproduksi. Disarankan agar kamu mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, ikan, dan biji-bijian. Selain itu, hindari atau setidaknya kurangi konsumsi makanan berlemak serta makanan dengan kadar gula atau garam yang tinggi.

  • Menjaga berat badan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menjaga berat badan tetap ideal ternyata bisa memengaruhi kualitas sel telur, lho. Berat badan berlebih atau obesitas dapat menurunkan kualitas sel telur karena adanya peningkatan stres oksidatif dan perubahan fungsi mitokondria. Stres oksidatif sendiri adalah kondisi di mana jumlah radikal bebas yang ada dalam tubuh lebih tinggi dibanding jumlah normal yang mampu dinetralkan tubuh. Untuk itulah mengatur gaya hidup demi menjaga berat badan ideal sangatlah penting, khususnya jika kamu sedang menjalankan program hamil.

  • Meningkatkan konsumsi air putih

Kadar oksigen yang mengalir ke ovarium juga bisa memengaruhi kualitas dari sel telur. Untuk melancarkan aliran oksigen ini kamu harus memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan meningkatkan konsumsi air putih. Sebab, terpenuhinya cairan tubuh akan berdampak pada meningkatnya sirkulasi darah sehingga aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar, termasuk ke ovarium.

Dampak Kualitas Sel Telur Kurang Bagus

Lalu bagaimana jika kualitas sel telur yang dihasilkan kurang bagus?

Tentunya hal ini akan berdampak pada proses pembuahan oleh sperma. Meskipun kualitas sperma bagus, ketika bertemu dengan sel telur yang kurang bagus bisa menyebabkan terjadinya kehamilan kosong atau blighted ovum

Pada kehamilan tersebut, gejala yang terlihat sama seperti kehamilan pada umumnya termasuk hasil tes yang positif. Namun karena sel telur tidak berkembang menjadi janin, maka pertumbuhan plasenta akan bermasalah hingga akhirnya berhenti. Selanjutnya, kadar hormon kehamilan akan menurun drastis dan mulai muncul tanda keguguran seperti kram perut dan pendarahan dari vagina.

Ketika dokter mendiagnosis kehamilan kosong berdasarkan hasil USG, maka selanjutnya akan dilakukan penanganan, seperti kuret maupun penggunaan obat-obatan. Pengobatan ini, khususnya jika menggunakan obat, akan menyebabkan terjadinya pendarahan dari vagina selama beberapa hari. Penyebabnya karena obat tersebut akan meluruhkan kandungan yang kosong tersebut.

Selama proses pendarahan tersebut, kamu bisa menggunakan Laurier Relax Night Celana Menstruasi. Celana menstruasi ini memiliki daya serap 5x lebih banyak dibanding pembalut malam dengan proteksi bocor 360 derajat hingga ke pinggul, membuatmu bebas cemas dari bocor sehingga lebih nyaman saat tidur dan bebas beraktivitas. Tidak hanya itu, bahannya yang tipis dan selembut celana dalam katun dengan karet pinggang yang nyaman dan fit dengan bentuk badan. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dan fokus pada proses penyembuhan. setelah kehamilan kosong tersebut.

Selama masa penyembuhan tersebut, sebaiknya kamu tetap menerapkan 4 cara di atas meskipun belum merencanakan kehamilan kembali. Dengan menerapkan cara di atas lebih awal, semoga saja kualitas sel telurmu akan semakin baik dan berkualitas sehingga kehamilanmu selanjutnya dapat berjalan lancar.

Related Articles
Motherhood
09 Oct 2020

Awas, TBC Beri Dampak Buruk Saat Hamil!

Hi, Moms! Tau kan apa itu TBC? Tuberculosis atau yang biasa kita kenal dengan TBC adalah penyakit pa...
Motherhood
27 Feb 2020

Tips Merawat Miss V Setelah Melahirkan Normal

Moms, kamu tau kan, kalau merawat vagina sangat penting dan wajib dilakukan setelah melahirkan? ...
Motherhood
28 Jun 2019

Obrolin Tentang Puber dan Menstruasi Sama Anak yuk, Moms!

Kalau moms punya anak cewek yang mulai beranjak dewasa, pasti biasanya dia bakal nanya-nanya soal me...