TTM = Teman Tapi Manfaatin
ask dr laurier

TTM = Teman Tapi Manfaatin

TTM = Teman Tapi Manfaatin

09 Sep 2019

TTM = Teman Tapi Manfaatin

Setelah beberapa lama berteman, kamu baru sadar kalau setiap kamu lagi butuh dukungan, temanmu cenderung ngeles. Tapi pas giliran dia butuh, tanpa sungkan dia minta bantuan dan dukunganmu. Kamu punya teman seperti ini nggak, Girls?

Hubungan pertemanan kayak gini memang nggak OK. Temanmu nggak fair banget lho, Girls. Sebagai teman yang baik, kamu wajib bilang hal ini padanya, supaya dia bisa merubah sikapnya. Hmm….tapi gimana caranya ya, biar dia nggak tersinggung?

  • Sebelum nuduh temanmu ngeles dari kewajibannya mendukung dan membantumu, cobalah memastikannya. Mintalah bantuan secara langsung padanya tentang apapun yang kamu pikir sangat mampu dilakukannya. Kalau temanmu masih ngeles juga, dan nggak mau membantumu, maka bisa dipastikan bahwa dia cuma mau memanfaatkanmu.
  • Cobalah memperlakukan temanmu sebagaimana dia memperlakukanmu. Kalau dia merasa sikapmu berubah karena menolak untuk membantunya, pasti dia akan menegurmu. Nah, pakai kesempatan ini untuk membahas topik ini, Girls. Katakan secara jelas dan baik-baik, bahwa kamu sebenarnya merasa nggak nyaman memperlakukannya seperti ini, tapi sebenarnya dia sendiri juga sering melakukan hal tersebut padamu.
  • Perhatikan reaksi temanmu. Kalau dia memang sayang padamu, maka dia akan berusaha memahami penjelasanmu ini, dan mengubah sikapnya. Tapi kalau dia malah bertindak sebaliknya, bahkan berbalik menuduhmu, maka sebenarnya kamu udah punya cukup bukti untuk dipertimbangkan, apakah dia OK untuk dipertahankan sebagai teman, atau justru sebaliknya.

Kamu harus ingat ya, Girls, teman adalah orang yang selalu ada di saat kamu suka ataupun duka. Ada di saat kamu butuh bantuan, dan nggak meninggalkan kamu begitu aja. Kalau dia berteman sama kamu, cuma datang di saat butuh bantuanmu, dan nggak mau sedikit pun membantumu di saat kamu membutuhkannya, itu namanya bukan teman. Tapi, parasit. Right?

Jangan ragu untuk mencoba tips di atas, kalau kamu merasa temanmu memperlakukanmu seperti itu ya. Jangan takut untuk kehilangan teman, Girls, pasti kamu masih punya banyak teman yang benar-benar tulus sayang sama kamu. Fighting!

Kamu punya tipe teman seperti di atas, Girls? Ceritakan caramu menghadapinya, di kolom komentar yuk!

Related Articles
Healthy Mind
16 Dec 2019

Sedih Berantem Sama Sahabat

Kehadiran sahabat pasti punya arti penting buat kamu kan, Girls? Cuma masalahnya, nggak selamanya ka...
Healthy Mind
09 Dec 2019

Jadi Bahan Gosip di Sekolah

Pernah jadi bahan gosip di sekolah, Girls? Hmm….namanya juga gosip, pasti beritanya belum ten...
Healthy Mind
29 May 2019

4 Tips OK Biar Akur Sama Ortu

“Mama, boleh nggak aku pergi ke pesta sama teman-teman?” Pasti kamu langsung terbayang &...