3 Trik Atasi Sahabat yang Suka Bohong
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Trik Atasi Sahabat yang Suka Bohong

3 Trik Atasi Sahabat yang Suka Bohong

22 Nov 2019

3 Trik Atasi Sahabat yang Suka Bohong

Punya sahabat suka membanggakan diri berlebihan? Nggak masalah sih, kalau hal yang dikatakan benar. Tapi kalau sebaliknya, alias dia cuma mengarang cerita dan berbohong, gimana dong? Selain lama-lama lelah mendengarkannya, kamu juga bakal deg-degan karena takut dia mengalami masalah dari kebiasaannya itu. Hmm…kira-kira apa yang harus dilakukan ya, biar dia nggak berulang-ulang melakukan kebiasaan buruk itu?

  • Meminta fakta

Saat kamu merasa sahabat lagi menceritakan sesuatu yang nggak benar, coba ingatkan dia untuk menunjukkan fakta tentang ceritanya itu. Kalau dia nggak bisa memberikannya, ingatkan bahwa orang akan menyangka dia cuma mengarang-ngarang cerita.

  • Membelokkan percakapan

Sahabat mulai kelewatan mengarang saat bercerita di depan banyak orang, kamu sebaiknya mencoba mengalihkan topik pembicaraan. Maksudnya cuma satu, supaya orang lain nggak menertawakannya. Kalau kamu merasa sahabat lagi berbohong, maka orang lain pun akan merasakannya. Jadi, cobalah selamatkan dia. Upayakan topik pembicaraan yang kamu gunakan untuk pengalihan itu topik yang netral, sehingga semua orang bisa berpendapat sesuai fakta, dan menghentikan sahabatmu berbohong.

  • Terus terang mengingatkannya

Katakan pada sahabat kalau kamu tau dia sering berbohong dan nggak nyaman dengan kebiasaannya itu. Dengarkan penjelasannya tentang kebiasaannya itu, siapa tau kamu bisa membantunya mengatasi kondisi yang membuatnya merasa perlu bercerita melambung-lambung dan nggak benar itu.

Hal yang penting untuk diingatkan pada sahabat, adalah bahwa kamu sayang padanya, dan nggak mau membiarkannya menjadi bahan tertawaan orang lain, karena dia adalah sahabatmu. Because that’s what best friend for!

Jangan lupa share tips-tips di atas ke teman-temanmu yang lain ya, Girls!

Related Articles

Healthy Mind
07 Nov 2019

Tips Mengatur Waktu

Di usia remaja, ada banyak kesempatanmu untuk mengembangkan diri. Gampang banget buatmu terperangkap...
Healthy Mind
14 Jun 2019

Tips Biar Bisa Ngobrol Akrab Bareng Keluarga

Pasti kamu senang banget kan, kalau pas Lebaran bisa kumpul bareng sama keluarga besar? Tradisi seti...
Healthy Mind
21 Jun 2019

Beda? Kenapa Nggak?

Punya banyak  pasti seru banget kan, Girls? Apalagi kalau punya teman se-geng yang kompak dan k...