Tips Mengatur Waktu
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Mengatur Waktu

Tips Mengatur Waktu

07 Nov 2019

Tips Mengatur Waktu

Di usia remaja, ada banyak kesempatanmu untuk mengembangkan diri. Gampang banget buatmu terperangkap dalam euforia ikut berbagai kegiatan sampai-sampai justru bingung mengatur waktunya. Betul nggak? Tenang aja, banyak teman yang mengalami hal ini kok. So, saran yang paling baik adalah belajar mengatur waktu. Hmm…gimana caranya ya?

  1. Realistis

Prinsip utama pengaturan waktu adalah bersikap realistis. Mengacu pada kenyataan bahwa sekolah dan ekskul di sekolah cenderung menarik diikuti. Tapi coba hitung baik-baik, berapa waktu yang harus disediakan di luar waktu belajar formalmu untuk semua kegiatan yang mau kamu ikuti? Selain waktu, kamu juga perlu berkomitmen terhadap semua aktivitas itu, tanpa tertinggal mengerjakan tugas sekolah.

  1. Gunakan kalender

Kalender adalah media yang paling tepat untuk mencatat semua jadwal, deadline tugas dan PR, masa ujian dan berbagai aktivitas lain. Kamu boleh pilih menggunakan kalender konvensional yang bisa dicoret-coret, atau aplikasi kalender di HP-mu, bahkan kalender di Google yang bisa disinkronkan dengan email-mu dan ada reminder-nya. Jadi nggak akan ada yang terlewatkan. Hal lain yang perlu dimasukkan ke dalam kalendermu adalah siklus menstruasi, supaya kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik, dan tetap nyaman saat beraktivitas.

  1. Prioritaskan kewajiban

Lebih dulu menyelesaikan kewajiban selalu penting untuk dilakukan, supaya kamu nantinya bisa bebas melakukan berbagai kegiatan. Hal yang termasuk kewajiban adalah tugas sekolah, PR dan berbagai tugas rumah. Tidur juga butuh mendapatkan prioritas lho, karena setelah menyelesaikan kewajiban dan mengikuti berbagai kegiatan, tubuhmu perlu di-recharge supaya kembali segar, dan sehat menjalani masa pertumbuhan.

  1. Healing

Meluangkan waktu supaya bisa berelaksasi itu sangat penting lho, Girls! Karena selain tidur, aktivitas relaksasi seperti membaca buku, menonton film, adalah aktivitas yang menyegarkan pikiran, sehingga kamu bisa bersiap lagi untuk mengikuti berbagai kegiatan.

Nggak susah kan, Girls? Tapi ingat ya, kalau kamu merasa mulai nggak bisa mengatur jadwalmu, nggak ada salahnya mengevaluasi ulang aktivitas pilihanmu itu. Siapa tau memang ada kegiatan yang bisa dikurangi. Be fair to yourself, dears!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga bisa mengatur waktunya dengan baik!

Related Articles

Healthy Mind
24 May 2019

Kenapa sih, Aku Selalu Dibandingkan Sama Ortu?

Kamu pasti suka bete kan, kalau ortu ngebandingin kamu sama kakak atau adik? Kamu jadi merasa nggak ...
Healthy Mind
30 Nov 2022

Normalkah Mengalami Brain Fog Menjelang Menstruasi?

Brain fog adalah kondisi di mana otak tidak bisa bekerja secara normal sehingga kamu kehilangan foku...
Healthy Mind
17 Jul 2019

Jangan Dipendam Sendiri!

Para ahli psikologi bilang bahwa sebenarnya nggak ada salahnya berbagi cerita ke teman lho, Girls. A...