4 Tips OK Biar Akur Sama Ortu
ask dr laurier

4 Tips OK Biar Akur Sama Ortu

4 Tips OK Biar Akur Sama Ortu

29 May 2019

4 Tips OK Biar Akur Sama Ortu

“Mama, boleh nggak aku pergi ke pesta sama teman-teman?” Pasti kamu langsung terbayang  sama pertanyaan-pertanyaan mama yang akan muncul, seperti: sama siapa, di mana, ngapain, sampai jam berapa? Bla… bla… bla… Hmm… sebel nggak sih?! Berasa ortu tuh, membatasi ruang gerakmu banget dan selalu menganggap kamu masih anak kecil.

Kadang memang sulit bicara sama ortu, karena mereka sepertinya nggak mengerti dan nggak akan pernah bisa mengerti sama apa yang kamu inginkan. Eits, tapi jangan salah duga dulu, Girls! Sebenarnya ortu akan bersikap posesif karena mereka sangat sayang dan sangat menjaga kamu. Mereka nggak mau sesuatu yang buruk menimpamu di luar batas penjagaanya. Santaiii… Tips OK ini akan membantumu menemukan cara yang tepat untuk bicara sama ortu:

  • Cari waktu yang pas

Baiknya baca dulu situasi dan kondisi ortu, pastikan mereka lagi santai dan nggak melakukan sesuatu. Atau mungkin tempelkan notes di kulkas yang isinya “Ma, ada waktu luang nggak? Aku mau bicara nih.” Biasanya mereka akan langsung meluangkan waktunya untukmu.

  • Bersikap positif

Jangan suka mengeluh, merengek apalagi berteriak di depan ortu. Hal ini malah akan memperburuk keadaan. Apa pun jawaban “ya” atau “nggak” dari ortu, kamu harus bisa menerima walaupun alasan mereka nggak jelas. Hormati dan hargailah keputusan ortu, dengan begitu mereka akan bersikap sama kepadamu.

  • Mandiri

Kalau cuma beresin tempat tidur pagi hari sih, masalah kecil. Tapi, hal ini justru selalu diabaikan sama kamu dengan alasan udah kesiangan dan malas. Coba deh, biasakan untuk melakukan hal-hal itu sendiri, dan nggak usah selalu mengandalkan si mbak terus.

  • Bertanggung jawab

Patuhi peraturan yang udah dibuat sama ortumu. Biasanya ortu punya batas jam malam, nggak ada salahnya juga kan, kalau kamu sampai rumah setengah jam sebelum jam batas malam selesai? Aturan kecil ini biasanya dipakai ortu buat menilai apakah kamu udah bisa dipercaya atau belum.

Intinya, jangan takut dan cepat nyerah gitu aja, Girls. Asalkan kamu punya alasan dan tujuan yang jelas, pasti mereka akan memberimu izin kok. Selamat mencoba cara di atas ya! Fighting!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, biar mereka juga tau info ini!

Related Articles
Healthy Mind
24 Aug 2022

Sering Mimpi Buruk saat Menstruasi? Ini Penjelasannya

Mimpi adalah bunga tidur dan seringkali kamu akan melupakannya ketika bangun dari tidur. Namun, terk...
Healthy Mind
10 May 2019

Siapa Bilang Mood Swing Itu Ngerepotin?

Kamu pasti suka ngerasa kalau mood kamu kadang naik turun pas lagi PMS, kan? Nah, itu yang disebut d...
Healthy Mind
30 Jul 2019

Dikecewain Sahabat

Kamu pasti sering banget curhat sama sohibmu kan, Girls? Coba bayangin deh, kamu cerita sama sohib k...