Stres Hilang, Ujian Lancar!
ask dr laurier

Stres Hilang, Ujian Lancar!

Stres Hilang, Ujian Lancar!

23 May 2019

Stres Hilang, Ujian Lancar!

Buat kamu para cewek yang sekarang udah kelas 9 dan 12, pasti lagi sibuk siap-siap untuk Ujian Nasional. Peristiwa ini emang selalu sukses bikin siapapun jadi cemas. Apalagi pas hari H, kamu mungkin bakal gugup plus keringet dingin! Gimana, nggak? Ujian ini bakalan nentuin kamu lulus atau nggak, selama tiga tahun belajar di sekolah, makanya nggak heran kalau kamu jadi nge-down abis. Alhasil bukannya fokus ngerjain soal, kamu malah sibuk ngelap keringet. Sebenarnya panik itu nggak dilarang kok, Girls. Justru itu malah bisa jadi alarm buat kamu supaya lebih mempersiapkan diri. Tapi, panik nggak boleh dibiarkan berlama-lama, nih! Kamu bisa coba atasi rasa panik dengan melakukan cara di bawah ini:

  1. Buat time schedule untuk belajar. Jadwalkan waktu belajar kamu mulai dari hari, jam dan lamanya. Yang penting sih, kamu tetap disiplin melakukannya supaya dapat hasil yang maksimal!

  2. Bikin rangkuman materi pelajaran. Siapkan notes kecil, terus catat rangkuman materi yang bakal keluar pas ujian nanti. Cara ini bikin kamu jadi gampang untuk menghafalnya, karena bisa dibaca kapan dan di mana aja.

  3. Jaga mood tetap semangat dan ceria. Penting nih, Girls! Pastikan mood kamu tetap positif. Kalau tiba-tiba kamu bosen belajar, istirahat sebentar, misalnya: makan ice cream, main socmed, dengerin musik, telepon teman, pacar or gebetan. Nah, kalau mood kamu udah ON lagi, sesi belajar nggak bakal ngebosenin, deh!

  4. Latihan mengisi soal-soal ujian. Contoh soal ujian ini bisa kamu dapatkan di toko buku. Kalau kamu rajin ngisi soal itu, kamu bakal terbiasa menghadapi pertanyaan pas ujian nanti.

  5. Istirahat yang cukup. Inget, Girls, jangan tidur larut malam sebelum hari H ujian! Istirahat yang cukup dibutuhkan banget supaya otak kamu bisa berkonsentrasi.

  6. Berdoa. Hati bakal lebih tenang dan lebih percaya diri. Kalau udah begini, biasanya kamu bakalan all out ngerjain soal ujiannya.

Ujian bukan hal yang nyeremin kok, Girls! Justru ini adalah tantangan untuk mengasah kemampuan belajar kamu. Kalau berhasil, ortu kamu pasti bangga juga, kan? So, just do your best, and good luck, Girls!

Kamu punya cara lain untuk mengatasi rasa panik? Tulis di kolom komentar, yuk! Share juga info ini ke teman-teman kamu ya, biar mereka juga lebih siap untuk menghadapi ujian nanti!

Related Articles
Healthy Mind
21 Nov 2019

Dulu Kawan, Sekarang Lawan

Girls, kamu punya sahabat yang sekarang jadi musuh? Eits, jangan memperburuk suasana dengan “m...
Healthy Mind
29 May 2019

Cheer Up, Friends!

Saat sahabat lagi sedih, pasti kamu pengen banget rasanya menghibur. Nggak asik juga kan, kalau lagi...
Healthy Mind
14 Jun 2019

Tips Biar Bisa Ngobrol Akrab Bareng Keluarga

Pasti kamu senang banget kan, kalau pas Lebaran bisa kumpul bareng sama keluarga besar? Tradisi seti...