Saat Sahabat Malas Diajak Bicara
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Saat Sahabat Malas Diajak Bicara

Saat Sahabat Malas Diajak Bicara

12 Nov 2019

Saat Sahabat Malas Diajak Bicara

Sahabatmu pernah terlihat malas saat diajak bicara tentang topik tertentu, padahal biasanya dia selalu nyaman diajak ngobrol? Hmm….bisa jadi karena ada sesuatu nih, Girls. Biasanya ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang melakukan blocking, atau bersikap defensif (bertahan). Apa aja ya?

  • Nggak nyaman. Kamu pasti suka nggak sadar kan, kalau abis mengomentari sesuatu? Nah, bisa jadi misalnya kamu mengingatkannya untuk sering facial biar kulit wajahnya sehat. Jadi pas ada pembicaraan seputar itu, dia langsung menutup diri karena nggak melakukan saranmu.
  • Nggak mau disalahkan. Sikap penolakan yang ditunjukkan sahabat, bisa aja karena dia nggak mau disalahkan. Misalnya kamu pernah mengingatkannya supaya nggak lupa mengumpulkan tugas karena itu penting buat menambah nilainya yang kurang. Nah, tiba-tiba nilai rapotnya jelek, dia langsung pasang kuda-kuda saat kalian membahas tentang itu. Jadi sebelum kesalahannya terlihat, dia udah menolak duluan.

Hmm….terus gimana caranya untuk mengatasi sahabat yang seperti ini? Tenang aja, Girls! Kamu cukup ikuti tips-tips berikut ini!

  • Bicara hati-hati. Pas membicarakan sesuatu dan kamu mulai menyadari kalau sahabat bersikap defensif, ada baiknya kamu memerhatikan kalimat yang akan kamu ucapkan. Daripada bikin sahabat sakit hati dengan menunjukkan kelalaiannya, kamu bisa langsung ajak dia facial bareng. Malah jadi lebih seru kan?
  • Kompromi. Kalau sahabat kemudian menyatakan dengan jelas alasannya bersikap defensif, dengarkan secara cermat. Ajak dia berdiskusi tentang alasannya itu, setelahnya kamu juga perlu memberitahu pandanganmu. Kemudian, ambil jalan tengah yang baik tentang topik tersebut.

Mungkin kamu bisa aja nggak alert saat sahabat bersikap defensif. Tapi sebaiknya selalu ingat, kalau sahabat juga bisa merasa nggak nyaman karena banyak hal. So, saat dia terlihat kukuh pada pendapatnya, sebaiknya kamu tenang dan menghindari pertengkaran. Mengalah itu lebih baik kan?

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, biar mereka tau tips-tips di atas!

Related Articles

Healthy Mind
18 Jul 2022

Ternyata Eating Disorder Memengaruhi Siklus Menstruasi, Loh!

Setiap orang pasti ingin memiliki bentuk dan berat tubuh yang ideal, terutama perempuan yang sangat ...
Healthy Mind
29 May 2019

Anti Galau Ketemu Mantan

Kayaknya banyak yang punya perasaan kayak gini deh. Kamu salah satunya bukan, Girls? Entah karena ma...
Healthy Mind
10 Dec 2019

Nggak Klop Sama Teman Kerja Kelompok

Memang nggak semua teman cocok untuk diajak bekerja sama, Girls. Tapi mau gimana lagi, kalau guru ud...