Sahabat Hobi Curhat
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Sahabat Hobi Curhat

Sahabat Hobi Curhat

10 Dec 2019

Sahabat Hobi Curhat

Sebagai sahabat yang baik, mendengarkan sahabatmu curhat adalah hal yang wajib dilakukan lho, Girls. Kamu juga nggak perlu segan buat kasih masukan yang positif saat dia mulai putus asa. Pasti senang rasanya kalau lihat sahabat bisa senyum dan ceria lagi kan? Tapi, lain ceritanya kalau sahabat jadi hobi curhat nih, Girls. Alhasil kamu pasti jadi merasa bosan dan terganggu, apalagi kalau kamu juga ada masalah atau sibuk sama aktivitas lain. Duh, geregetan banget jadinya!

Kalau kamu kesel boleh aja kok, Girls. Tapi ingat ya, jangan sampai kebawa emosi dan menyinggung perasaan sahabat kamu. Nah, berikut ini cara yang pas buat menanggapi sahabat yang doyan curhat!

  1. Dengarkan tanpa memberi saran. Kamu nggak perlu selalu menanggapi banget ceritanya kok, apalagi kalau dia curhat pas kamu lagi mengerjakan tugas. Cukup bilang aja ke dia, “ yang sabar yaaa…”

  2. Buat curhatan sahabat jadi singkat. Membiarkan sahabatmu bercerita, tanpa mengajukan pertanyaan balik, secara langsung nggak akan membuatnya menceritakan hal baru sama kamu. Jadi, biarkan aja dia bercerita sampai selesai ya, Girls.

  3. Kasih saran teman lain yang bisa dimintai pendapat. Rekomendasikan beberapa nama teman ke sahabatmu yang juga bisa bantu kasih dia saran.

  4. Bilang terus terang. Kalau sahabatmu udah bikin kamu nggak nyaman, bilang aja padanya terus terang kalau dia sebenarnya bisa mengatasi masalahnya sendiri. Apalagi kalau cuma hal sepele seperti lagi kesal, atau curiga karena pacar nggak bisa nemenin jalan hari ini. Please deh!

Sebenarnya bukan bermaksud tega sama sahabat, tapi kamu juga perlu mengingatkan kalau dia seharusnya bisa lebih peka terhadap lingkungan. Nggak setiap saat kamu bisa mendengarkan keluh kesahnya, karena kamu juga pasti punya masalah dan kewajiban sendiri untuk diselesaikan. Iya kan, Girls?

Kamu punya sahabat yang doyan curhat? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya!

Related Articles

Healthy Mind
30 Jul 2019

Bete Banget nih!

Salah satu penyebab cewek bete biasanya karena faktor biologis. Di usia remaja, pas menjalani masa p...
Healthy Mind
17 Dec 2019

Jangan Jadi Follower dong!

Punya sahabat dekat memang menyenangkan, apalagi kalau udah nemu yang sejiwa alias soulmate. It'...
Healthy Mind
28 Jun 2021

Apa Itu Skizofrenia? Apakah Ada Hubungannya dengan Siklus Menstruasi?

Hai, girls! Akhir-akhir ini, dunia media sosial lagi ramai sama isu pelecehan seksual dimana korban ...