Sahabat Dibenci? What Should I Do?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Sahabat Dibenci? What Should I Do?

Sahabat Dibenci? What Should I Do?

14 Nov 2019

Sahabat Dibenci? What Should I Do?

Sahabatmu pernah membuat banyak orang kesal karena sesuatu yang dilakukannya? Pasti sebagai salah satu orang yang dekat sama dia, kamu bakalan ditanya-tanya banyak orang. Betul nggak, Girls? Duh, kalau udah kayak begini, kira-kira apa yang harus dilakukan ya?

  • Menampung keluhan

Sesayang apapun kamu pada sahabat, kamu sebaiknya tetap mendengarkan keluhan orang-orang yang bermasalah dengan sahabat. Ingat, bukan berarti kamu berpihak ya! Hal ini dilakukan supaya kamu mendapatkan informasi yang seimbang dari kedua sisi. Jadi, kalau memang ternyata sahabatmu salah, akan lebih tepat kalau kamu membantunya memperbaiki kesalahan daripada membelanya mati-matian. Betul kan?

  • Bertanya supaya jelas

Sebelum menyampaikan keluhan yang kamu dengarkan dari banyak orang, jangan lupa menanyakan alasan sahabat melakukan perbuatannya. Siapa tau dia sebenarnya nggak bermaksud menyakiti orang lain. Bisa juga sahabatmu yang disakiti lebih dulu. Dengarkan cerita dari sisi sahabat, karena ini berguna juga untuk menemukan cara memperbaiki kesalahannya.

  • Memberi masukan

Setelah melakukan kedua hal di atas, sampaikanlah hal yang kamu dengar dari orang lain tentang sahabatmu. Bukan berarti mengadu domba lho, tapi supaya sahabatmu memahami kondisi yang sebenarnya terjadi dari sudut pandang orang lain. Ini juga supaya dia bisa tau ada sejumlah orang yang tersakiti akibat sikapnya. Karena sebenarnya, bukan dia aja yang menjadi korban.

  • Tetap hangat

Sekalipun nantinya terbukti bahwa sahabatmu bersalah, kamu sebaiknya nggak menghakimi atau menghukumnya dengan sikapmu. Sebaliknya, bantu dia berubah dan memperbaiki kesalahannya. Pastikan pada sahabat, bahwa dia nggak akan melakukan hal yang sama, dan kamu memperingatkannya, karena kamu sayang padanya.

Nah, mulai sekarang kamu nggak perlu bingung lagi ya, kalau mengalami situasi seperti di atas. Ingat, best friends are forever, Girls!

Ceritakan pengalaman menarikmu bersama sahabat, di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya!

Related Articles

Healthy Mind
11 Oct 2021

6 Cara Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi

Pandemi yang berlangsung cukup lama membuat interaksi kita jadi terbatas. Beberapa dari kita mungkin...
Healthy Mind
18 Nov 2019

Kok Kamu Maksa sih?!

Punya sohib tentu menyenangkan, betul nggak? Kamu bisa berbagi suka, ngerumpi soal gebetan, dan hang...
Healthy Mind
12 Dec 2019

3 Ways to Be Yourself!

Memang bukan hal yang mudah untuk bersosialisasi saat ini. Selain kegemaran yang sama, pandangan yan...