Saat Bertengkar dengan Saudara
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Saat Bertengkar dengan Saudara

Saat Bertengkar dengan Saudara

11 Nov 2019

Saat Bertengkar dengan Saudara

Kamu pasti pernah kan, bertengkar sama orang di sekelilingmu? Kalau bertengkar sama teman di sekolah mungkin rasanya nggak masalah ya, karena selesai jam sekolah kamu juga nggak akan ketemu dia lagi di rumah. Tapi kebayang nggak sih, kalau kamu bertengkar sama kakak atau adikmu sendiri? Udah serumah, bisa jadi kalian sekamar pula. Jadinya kamu akan selalu bareng mereka melulu.

Sebenarnya, marah adalah ungkapan emosi yang wajar, tapi sebelum terpancing buat memulai pertengkaran, sebaiknya ingat bahwa kekesalan yang kamu rasakan jangan sampai menyakiti mereka ya, baik itu menyakiti raga ataupun fisik. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pertengkaran dengan kakak atau adikmu:

  • Saat kamu mulai kesal, cobalah untuk menghindar, seperti pergi ke ruangan lain. Hal tersebut bisa menghentikan amarahmu sebelum kamu benar-benar kehabisan kesabaran.
  • Jelaskan pada ortu, hal-hal apa yang mengganggumu. Biasanya mama dan papa punya solusi untuk mengatasi pertengkaranmu dengan kakak atau adikmu.
  • Kalau kamu berbagi kamar tidur dengan kakak atau adikmu, aturlah supaya ada sedikit ruang yang memang benar-benar menjadi wilayahmu. Jelaskan pada mereka bahwa kamu berharap mereka paham bahwa itu adalah tempat pribadimu yang nggak boleh digunakan sembarangan.
  • Hargai batasan personal kakak atau adikmu, jangan sampai kamu melewati batasan pribadinya ya! Sebisa mungkin jangan meminjam benda-benda atau membuka lemari mereka tanpa izin.
  • Kalau kalian bertengkar karena memperebutkan sesuatu, maka ada baiknya untuk membuat kesepakatan bersama atau mengatur giliran. Hal ini bisa menghindari terjadinya pertengkaran.

Nah, sekarang udah lebih jelas kan? Jadi, kamu bisa memulai duluan untuk menghindari terjadinya pertengkaran, dan kamu harus bisa menjalin hubungan yang lebih harmonis dengan kakak atau adikmu. Dengan melakukan kegiatan bersama, seperti nonton atau olahraga bareng, bisa jadi kesempatan kamu buat mengobrol dan jadi lebih dekat dengan kakak atau adikmu. Yuk, mulai akur sama saudara!

Share info ini ke teman-temanmu juga ya, supaya mereka bisa memahami baiknya menjaga kerukunan dan menghindari terjadinya pertengkaran antar saudara!

Related Articles

Healthy Mind
24 May 2019

Tunjukkan Cinta Sama Ortu, yuk!

Semua orang pasti pernah mengalami suasana yang nggak klop sama ortu; bisa sama mama, papa, atau jus...
Healthy Mind
16 Dec 2019

Cari Teman di Sekolah Baru

Nggak semua orang gampang mendapatkan teman baru lho, Girls! Apalagi kalau kamu termasuk orang yang ...
Healthy Mind
11 Dec 2019

Nggak ‘Sreg’ Sama Pacar Kakak

Saat kakak senang, otomatis sebagai adik, kamu bakal ikutan senang juga dong? Apalagi kakak senang k...