ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Normalkah Mengalami Brain Fog Menjelang Menstruasi?

Normalkah Mengalami Brain Fog Menjelang Menstruasi?

30 Nov 2022

Normalkah Mengalami Brain Fog Menjelang Menstruasi?

Brain fog adalah kondisi di mana otak tidak bisa bekerja secara normal sehingga kamu kehilangan fokus, masalah pada ingatan, dan juga kurang konsentrasi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya brain fog, seperti kurang tidur, obat yang dikonsumsi, dan lainnya. Namun untuk perempuan, banyak yang mengalami masalah ini ketika menjelang menstruasi.

Penyebab Terjadinya Brain fog Menjelang Menstruasi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini bisa terjadi, di antaranya:

  • Insomnia

Perubahan hormon yang terjadi menjelang menstruasi akan menyebabkan kesulitan tidur di malam hari. Padahal tidur yang kurang atau tidak berkualitas bisa menyebabkan otak tidak dapat bekerja sempurna. Akibatnya kamu akan lebih sulit berkonsentrasi saat keesokan harinya.

  • Kurang nutrisi

Otak membutuhkan nutrisi dalam jumlah seimbang untuk bisa berfungsi secara normal, terutama pada saat menjelang menstruasi. Pada beberapa perempuan yang mengalami penurunan nafsu makan menjelang menstruasi, kebutuhan nutrisi otak rentan tidak terpenuhi secara maksimal. Hal yang sama juga bisa terjadi pada seseorang yang mengalami sensitif tinggi terhadap makanan (hanya bisa mengonsumsi makanan tertentu). Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya brain fog menjelang dan juga pada saat menstruasi tiba.

  • Anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal salah satu fungsi sel darah merah adalah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Dengan berkurangnya kadar oksigen di otak maka fungsi kerjanya akan terganggu. Biasanya anemia terjadi menjelang menstruasi di mana tubuh mengeluarkan energi lebih besar dari biasanya dan juga kehilangan darah selama beberapa hari.

  • Stres dan depresi

Semua orang pasti pernah mengalami yang stres, baik karena masalah keluarga, lingkungan sekitar, atau beban pekerjaan. Ketika stres ini tidak terkelola dengan baik, maka brain fog bisa terjadi. Hal ini bisa membuat segala aktivitas yang dilakukan tidak maksimal karena kamu sulit untuk fokus dan berkonsentrasi.

  • Efek obat yang dikonsumsi

Untuk kamu yang rutin mengonsumsi obat tertentu karena masalah kesehatan, juga bisa mengalami masalah brain fog. Beberapa contoh obat yang dimaksud adalah obat untuk kemoterapi, obat penenang, obat antidepresan, dan sejenisnya. Sebab, obat-obat tersebut dapat memengaruhi sistem kerja saraf di otak. Pada perempuan, kondisi brain fog mungkin akan semakin dirasakan ketika menjelang menstruasi.

  • Masalah kesehatan

Selain anemia, beberapa masalah kesehatan lain khususnya yang berkaitan dengan otak juga meningkatkan risiko seseorang mengalami brain fog. Seperti demensia, autoimun, infeksi virus termasuk virus COVID-19, dan lainnya.

Mengatasi Brain fog Menjelang Menstruasi

Untuk mengatasi terjadinya brain fog menjelang menstruasi ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Cukupi waktu istirahat

Seperti yang telah disebutkan, menjelang menstruasi kamu mungkin akan mengalami kesulitan tidur. Namun kamu bisa coba mengatasinya dengan membiasakan tidur pada waktu yang tetap sehingga tubuh akan beradaptasi dengan kebiasaan tersebut. Selain itu, lakukan aktivitas fisik di siang hari karena hal ini bisa membantumu lebih mudah tidur saat malam. Kamu juga bisa menggunakan aroma terapi di kamar yang dapat membantu menenangkan pikiran, sehingga kamu bisa lebih mudah tidur.

  • Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi

Meskipun nafsu makanmu berkurang, kamu tetap harus makan untuk memenuhi kebutuhan energi. Sebaiknya hindari berbagai makanan kurang sehat dan tinggi gula. Pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh sehingga dapat menyeimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh.

Related Articles

Healthy Mind
30 Jul 2019

Dikecewain Sahabat

Kamu pasti sering banget curhat sama sohibmu kan, Girls? Coba bayangin deh, kamu cerita sama sohib k...
Healthy Mind
29 May 2019

Cheer Up, Friends!

Saat sahabat lagi sedih, pasti kamu pengen banget rasanya menghibur. Nggak asik juga kan, kalau lagi...
Healthy Mind
10 May 2019

PMS Nggak Cuma Bikin Bete Doang? Kok Bisa?

Kalau lagi PMS, kamu merasa aktivitasmu sehari-hari jadi terganggu nggak? Kamu jadi gampang bete, ke...