Ngaku Salah Bukan Berarti Kalah
ask dr laurier

Ngaku Salah Bukan Berarti Kalah

Ngaku Salah Bukan Berarti Kalah

12 Dec 2019

Ngaku Salah Bukan Berarti Kalah

Duh, berantem sama teman nih! Situasi kayak gini pasti nggak asyik banget! Padahal tadinya cuma ngobrolin hal sepele dan nggak penting gitu. Eh, nggak taunya kok, malah jadi saling ngotot dan berujung berantem? Malas deh!

Hmm….kalau kamu ada di situasi kayak gini, sebaiknya jangan ikut-ikutan emosi dan marah juga ya, Girls. Kamu bisa lakukan beberapa tips di bawah ini, supaya hubunganmu dan temanmu tetap baik-baik aja!

  1. Cari tau dulu

Apa sih, yang bikin kalian jadi ribut? Coba deh, kamu ingat-ingat lagi, gimana kejadian awalnya sebelum kamu dan temanmu ribut? Obrolan apa yang pertama kali kamu mulai ucapkan sama temanmu tersebut? Terus, kamu ingat-ingat lagi deh, gimana bisa sampai jadi ribut sama dia? Dengan sedikit flashback kejadian sebelum kalian berantem, kamu bisa tau apa penyebab dari semua keributan ini.

  1.  Tanya sama diri sendiri

Perlu nggak sih, semua keributan ini terjadi? Siapa tau, ternyata semua ini cuma salah paham yang sebenarnya nggak perlu terjadi, Girls. Tadinya cuma sekadar bercanda, nggak taunya malah jadi berujung panjang. Atau mungkin sebenarnya dia nggak bermaksud bikin kamu kesal. Tapi, kamu malah salah menanggapi, dan akhirnya jadi kepancing emosi yang membuatmu ‘meledak’ deh. Kalau kamu udah tau bahwa semua keributan ini cuma sekadar salah paham, kenapa kamu harus terbawa emosi?

  1.  Minta maaf

Nggak perlu gengsi buat minta maaf, Girls. Apalagi kalau kamu sadar bahwa semua ini karena kesalahanmu. Lagipula, berani mengakui kesalahan sendiri bukan berarti kalah kok, tapi justru kamu berhasil keluar jadi ‘pemenang’ karena kamu berhasil mengalahkan egomu sendiri. Temanmu juga pasti bakal menghargai kedewasaanmu, dan akhirnya situasi yang nggak enak gara-gara berantem tadi jadi mencair deh. Nggak ada lagi sebel-sebelan, bete-betean dan adu cemberut yang nggak penting. Katanya hidup ini cuma sekali, jadi kenapa nggak kamu bikin jadi seindah mungkin dengan saling sayang satu sama lain? Setuju kan?

Gampang banget kan, cara- cara di atas? Yuk, coba lakukan mulai dari sekarang, supaya kamu dan teman nggak sampai berantem pas lagi ngobrol bareng!

Kamu pernah mengalami kejadian seperti di atas? Ceritakan di kolom komentar yuk! Jangan lupa share tips ini ke teman-temanmu juga ya!

Related Articles
Healthy Mind
10 May 2019

Apa tuh, Toxic Shock Syndrome?

      “Hah? Toxic Shock Syndrome? Itu penyakit? Penyakit apaan?” Mungkin ...
Healthy Mind
19 Nov 2019

Trik Biar Mantan Cepat Move On

Kalau udah berhasil move on pasti rasanya lega banget. Betul nggak, Girls? Eh, tapi ternyata mantan ...
Healthy Mind
13 Dec 2019

Orang Tua Pisah, Aku Harus Apa?

Orang tuamu bilang bahwa mereka memutuskan untuk bercerai? Entah memang udah terduga atau belum, pem...