ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

PMS Nggak Cuma Bikin Bete Doang? Kok Bisa?

PMS Nggak Cuma Bikin Bete Doang? Kok Bisa?

10 May 2019

PMS Nggak Cuma Bikin Bete Doang? Kok Bisa?

Kalau lagi PMS, kamu merasa aktivitasmu sehari-hari jadi terganggu nggak? Kamu jadi gampang bete, kesel, marah-marah nggak jelas, dan yang lainnya. Ternyata semua itu karena perubahan hormon yang terjadi di tubuh kamu, Girls. And….nggak cuma itu doang lho, di masa PMS biasanya kamu juga bakalan mengalami hal-hal lain, seperti:

  • Tegang

Akibat dari hal ini, kamu jadi susah tidur malam. Makin kurang waktu tidur, justru kamu bakalan makin capek dan tubuhmu malah jadi makin tegang. So, kamu jadi makin sensi, deh.

  • Panikan

Ini bisa terjadi karena kondisi tubuh dan jiwa yang nggak relaks. Kamu bakalan nggak tenang, gampang cemas dan takut. Alhasil kamu nggak bakalan bisa berpikir logis. Kalo lagi kayak gini, mendingan kamu jangan bikin keputusan apapun dulu ya.

  • Banyak mau

Kalau kata anak jaman now dibilangnya “BM”. Kondisi ini terjadi karena kamu lagi nggak stabil, akibat pikiran kamu yang nggak logis tadi. Biasanya yang paling kelihatan adalah keinginan buat ngemil. Kamu bakalan pengen ngemil macem-macem dan jumlahnya banyak. Kalau udah kayak gini, jadi parah, kan. Inget-inget dampaknya ya, Girls, bisa-bisa nanti angka timbangan kamu jadi melonjak jauh banget, lho!

Semua kondisi ini sebenarnya nyaris dialami sama semua cewek, cuma kadarnya aja yang beda-beda. Kamu nggak pengen sampe parah banget mengalaminya, kan? Nah, para ahli menyarankan supaya rajin berolahraga. Kenapa sih, harus olahraga? Karena ketika kamu berolahraga, tubuh bakalan memproduksi endorphin. Ini adalah jenis hormon yang bisa bikin suasana hati kamu jadi seneng. So….kalau kamu udah mulai bete, mending buruan stretching atau jogging ya, Girls!

Kamu punya cerita menarik pas lagi PMS? Tulis di kolom komentar, yuk! Jangan lupa share juga artikel ini ke temen-temen deket kamu ya, supaya mereka nggak manyun-manyun lagi pas PMS!

Related Articles

Healthy Mind
21 Nov 2019

4 Alasan yang Bikin Sedih Ditinggal Sahabat

Putus dari pacar, pastinya ada sahabat yang menjadi sandaran. Betul kan? Hmm….tapi gimana nih...
Healthy Mind
06 Aug 2019

Plus Minus LDR

Duuuuh, kangen banget nih! Tapi pacar jauh di sana, sementara kamu di sini sendirian. Hiks…. ...
Healthy Mind
10 May 2019

PMS Bikin Emosi Jadi Nggak Karuan

Sebelum menstruasi, kamu pasti pernah mengalami PMS atau gejala pra-menstruasi, kan? Pas lagi PMS bi...