6 Senjata Supaya Kamu Siap Hadapi Puber!
ask dr laurier

6 Senjata Supaya Kamu Siap Hadapi Puber!

6 Senjata Supaya Kamu Siap Hadapi Puber!

03 Sep 2015

6 Senjata Supaya Kamu Siap Hadapi Puber!

         Semakin dewasa umur kamu, pasti semakin banyak perubahan fisik yang kamu alami. Bener nggak, Girls? Nah, kamu sadar nggak sih, seiring perubahan fisik yang kamu alami, biasanya emosimu juga bakalan jadi berubah-ubah, lho. Tapi tenang aja, hal ini termasuk wajar kok, karena nyaris dialami sama semua remaja, termasuk cowok. Supaya kamu bisa mengatasi emosimu yang nantinya bakal naik-turun, kamu bisa coba beberapa tips berikut, nih!

  1. Kalau kamu tiba-tiba merasa bete, bingung, atau marah gara-gara hal yang nggak jelas, jangan kamu pendam sendiri! Ajak seseorang untuk jadi tempat curhat kamu, biar semua uneg-uneg kamu bisa keluar. Sebaiknya, salah satu dari ortu kamu. Kalau misalnya kamu merasa canggung, bisa kok ke kakak atau sahabat kamu. It’s ok, Girls!

  2. Salah satu hal yang paling bikin nggak nyaman pas lagi puber adalah penampilan. Bisa jadi kamu bilang nggak peduli, tapi coba deh jujur, pasti kamu pengen keliatan cantik, kan? Wajar kok, karena semua cewek pasti pengen keliatan cantik, apalagi kalo lagi di tempat umum. Tapi, sebaiknya kamu inget Girls, kalau cantik itu nggak selalu berhubungan sama penampilan fisik aja, bisa juga dari perilaku dan pola pikir kamu. So, bisa jadi kamu nggak secantik temenmu, tapi kamu bisa aja lebih smart, lebih easy going, lebih humoris, dan lebih aktif dibanding dia. Nah, hal-hal itu bisa bikin kamu jadi keliatan lebih menarik, lho!

  3. Setiap cewek bakalan melewati proses pertumbuhan yang sama, tapi dengan waktu yang beda-beda. Jadi, kamu nggak perlu tuh, membandingkan diri kamu sama temen kamu. Jangan pernah kamu pake patokan, misalnya temen kamu menstruasinya udah teratur, tapi kamu belum; atau temen kamu udah pake bra, sementara kamu masih pake training bra. It’s so wasting time, Girls! Kalau kamu terus membanding-bandingkan, nantinya kamu malah jadi bete dan nggak nyaman sendiri. Toh, kalau udah waktunya, kamu bakalan sampe ke tahap itu juga.

  4. Kalau dulu kamu masih merasa nyaman dan seneng diajak pergi sama mama-papa, bisa jadi sekarang kamu mulai males tuh, ikut-ikutan pergi bareng ortu. Hal ini wajar, karena artinya kamu mulai membentuk kemandirian. Eits, tapi inget, jangan sampe kamu jadi nggak ada waktu sama sekali untuk ortu, ya! Kamu tetep harus punya waktu rutin sama mereka, karena itu sebagai tanda sayang respect kamu sama ortu.

  5. Di masa remaja, wajar banget kalau kamu udah mulai punya sekelompok temen deket. Hal ini karena kamu biasanya bakal merasa nyaman kalau punya kelompok yang kebiasaan atau hobinya sama kayak kamu. Tapi, kamu juga harus tetep temenan sama orang lain, yang bukan kelompok temen deketmu. Nggak salah kan, kalau punya banyak temen? Makin beragam temen-temen kamu, makin banyak juga pengalaman yang kamu dapetin. So, dijamin kamu nggak bakalan gampang bete, deh!

  6. Hal penting yang paling nguras emosi di usia remaja apalagi kalau bukan soal pacar atau gebetan! Wajar kok, kalau kamu tertarik sama cowok pas di usia ini. Tapi inget ya, kalau usia remaja itu sebaiknya kamu nggak menjalin hubungan yang serius dulu. Mendingan kamu belajar untuk mengembangkan diri sendiri dulu supaya kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik nantinya.

So, Girls, be smart untuk menyiasati emosi kamu ya, biar tetep semangat buat melewati masa puber yang lebih seru!

Punya cerita seru tentang masa pubermu? Tulis aja di kolom komentar, Girls! Jangan lupa juga buat share artikel ini ke temen-temen cewek kamu, supaya mereka siap menghadapi pubernya!

Related Articles
Healthy Mind
06 Aug 2019

Menghadapi Aturan-aturan Papa

Jadi anak kesayangan papa pas masih kecil itu memang menyenangkan banget. Betul nggak, Girls? Tapi, ...
Healthy Mind
12 Nov 2019

4 Tips Biar Gampang Disukai

Jadi sosok yang populer itu nggak cuma perlu penampilan keren dan menarik aja lho, Girls. Orang lain...
Healthy Mind
15 Nov 2019

Hal Sepele yang Bikin Berantem

Pastinya nggak ada hubungan yang bebas dari masalah, iya kan? Pemicunya pun nggak selalu urusan besa...