Kelamaan Berteman Sama Headphone
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kelamaan Berteman Sama Headphone

Kelamaan Berteman Sama Headphone

11 Nov 2019

Kelamaan Berteman Sama Headphone

Girls, apakah kamu tipe yang suka sama musik dan cenderung mendengarkannya kapan aja dan di mana aja? Kalau iya, maka kamu pasti “lengket” banget sama headphone dong? Alat ini memang solusi paling mantap untuk menikmati musik tanpa mengganggu atau diganggu suasana sekitar. Tapi, ada baiknya kamu juga memerhatikan rentang waktu saat menggunakan headphone ya! Karena kelamaan menggunakan headphone ternyata ada risikonya lho! Apa aja tuh?

  1. Ancaman bakteri

Headphone yang dipakai lebih dari 1 jam, dan menempel pada kulit ternyata berisiko bisa meningkatkan jumlah bakteri di dalam telinga 700 kali lebih cepat lho! Pertumbuhan bakteri yang relatif cepat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi di telingamu. So, harus diperhatikan udah berapa lama kamu menggunakan headphone-mu, dan pastikan ada rentang waktu menggunakannya.

  1. Mengganggu kemampuan dengar

Saat menggunakan headphone berarti gendang telinga dekat pada sumber suara, dan terkadang volumenya relatif besar. Menggunakan headphone dalam waktu lama dengan volume suara relatif besar ini ternyata cenderung akan mengganggu dan menurunkan kemampuan dengarmu lho, Girls. Nggak mau kan, kalau telingamu sampai terganggu? Jadi, batasi pemakaian headphone dan perhatikan volume suaranya ya, Girls!

  1. Susah konsentrasi

Sekalipun alasan banyak orang menggunakan headphone adalah untuk mendengarkan musik dan mengarahkan konsentrasi supaya jadi lebih baik, tapi kamu tau nggak sih, kalau yang terjadi justru sering sebaliknya? Saat kamu menyetel musik dan yang terputar adalah musik kesayanganmu, tanpa sadar kamu pasti akan ikut bersenandung. Nah, hal tersebut bisa mengalihkan perhatianmu dan berpindah konsentrasi dari pekerjaan yang lagi kamu lakukan, misalnya untuk mengingat lirik lagu tersebut. Alhasil….konsentrasimu jadi terbelah juga kan?

Jadi intinya adalah, gunakan alat bantu dengar musik ini dengan bijak. Supaya kamu bisa benar-benar menikmati dan justru nggak akan mengalami kesulitan karenanya. Yuk, mulai sekarang gunakan headphone dengan bijak, Girls!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu juga ya, supaya mereka tau betapa pentingnya mengatur penggunaan headphone biar nggak mengganggu aktivitas dan kesehatan pendengarannya!

Related Articles

Healthy Mind
21 Nov 2019

2 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Ortu Bertengkar

Sebenarnya, nggak ada yang aneh saat ortu berbeda pendapat. Kalau sebelumnya mereka terlihat sependa...
Healthy Mind
19 Nov 2019

Sahabat Punya Teman Baru

Kamu pasti punya sahabat kan, Girls? Kalau tiba-tiba kamu tau ternyata dia nggak cuma dekat sama kam...
Healthy Mind
30 Jul 2019

Nggak Betah di Rumah

Pemicu remaja seusiamu merasa nggak nyaman di rumah biasanya karena nggak bisa menyuarakan pendapat,...