ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kakakku Sok Ngatur!

Kakakku Sok Ngatur!

09 Dec 2019

Kakakku Sok Ngatur!

“Kamu nggak boleh begini, harusnya kamu begini!” Aduh, males banget nggak sih, kalau kakak udah bawel begitu? Lalu, kalau kemauannya nggak dipenuhi pasti dia bakalan bete dan terjadilah perang dingin. Betul kan, Girls? Hal yang bikin heran adalah si kakak mengatur sesuatu yang sebenarnya nggak masalah menurut mama dan papa. Kenapa gitu ya?

Sebenarnya kakakmu nggak bermaksud jahat kok, dia cuma ingin melindungi kamu aja, Girls. Makanya, dia selalu bersuara seolah-olah kamu yang selalu salah. Tapi percaya deh, kakak bersikap begitu karena dia care dan sayang padamu. Nah, biar nggak kalah set sama si kakak, coba lakukan cara-cara ini yuk!

  1. Dengarkan semua pendapat dan sarannya

Walaupun terkadang bikin kamu emosi karena nggak sepaham, tapi kamu harus tetap stay cool di depan kakakmu.

  1. Tunjukkan kalau kamu benar

Kalau kamu yakin apa yang kamu lakukan itu benar, lakukan aja. Lalu, kamu tunjukkan padanya kalau kamu nggak selamanya salah dan harus diatur.

  1. Pergi menghindar

Kadang mood kamu nggak selalu bagus kan, Girls? Dibanding kamu kepancing emosi pas kakakmu lagi “ceramah” mending kamu bilang sama dia kalau kamu lagi banyak PR, lalu kamu langsung masuk kamar.

  1. Bicara dari hati ke hati

Cari waktu yang tepat, atau pas lagi jalan berdua sama kakak. Ungkapkan keluh kesahmu, bilang padanya kalau kamu berhak punya pendapat dan bebas melakukan apapun dengan tanggung jawab. Kamu juga mau diberikan kepercayaan sama seperti yang mama papa berikan.

  1. Minta bantuan ortu

Kalau menurutmu sikap kakak mulai kelewatan, sebaiknya bilang pada orang tuamu supaya dapat solusi. Sekaligus mengingatkan sang kakak kalau ada orang tua yang harus kalian hormati.

Semoga tips di atas bisa membantumu dan kakak supaya lebih kompak lagi ya, Girls! Kalau kamu dan kakakmu selalu akur plus kompak, pasti bakalan seru banget deh! Let’s try it, dears!

Ceritakan pengalaman tentang kamu sama kakakmu di kolom komentar yuk! Jangan lupa share juga artikel ini ke teman-teman dekatmu ya!

Related Articles

Healthy Mind
11 Dec 2019

Pacaran Backstreet

Nggak sedikit lho, remaja sekarang yang memilih pacaran backstreet alias pacaran ngumpet-ngumpet. Al...
Healthy Mind
25 Nov 2019

Punya Sahabat yang Populer

Nggak selamanya menyenangkan punya teman yang populer, karena kamu harus selalu siap berbagi dirinya...
Healthy Mind
22 Nov 2019

Naksir Cowok yang Sama, Gimana nih?

Sahabat tiba-tiba cerita bahwa dia lagi suka sama seorang cowok, dan ternyata cowok itu adalah orang...