ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Diary-ku Dibaca?!

Diary-ku Dibaca?!

17 Dec 2019

Diary-ku Dibaca?!

Sebagai cewek remaja, kamu cenderung punya banyak hal yang ingin kamu ingat dan simpan sendiri. Entah apa alasannya, kamu merasa lebih nyaman menuliskan perasaan dan pikiranmu di diary daripada mengatakannya pada seseorang. Betul nggak?

Makanya, nggak heran kamu bakal kesal banget kalau ada orang lain yang membaca diary-mu. Iya kan? Pastinya ini mengganggu banget sih, hmm….kira-kira gimana caranya ya, biar hal ini nggak terulang lagi?

  1. Bicara baik-baik

Kamu nggak yakin siapa anggota keluarga yang membaca diary-mu? Maka kamu nggak boleh menuduh sembarang orang dulu, Girls. Daripada mengira-ngira mungkin mama, papa atau kakak-adik yang mengintip isi diary-mu diam-diam, kamu bisa bertanya baik-baik pada mereka.

Jelaskan aja pada semua anggota keluarga, alasan betapa pentingnya kamu menjaga diary-mu itu. Katakan dengan sederhana, seperti “Diary aku itu berarti banget, dan aku nggak nyaman kalau dibaca sama orang lain dengan sengaja, termasuk mama, papa, kakak atau adik. Kalau ada sesuatu yang mau kalian tau, mending tanya langsung sama aku, daripada baca diary-ku diam-diam.” Simple kan?

  1. Jujur

Semua anggota keluarga akan menghargai kejujuranmu, Girls. Bahkan sebagai cewek, mama bisa jadi akan membantumu. Mama pasti akan kagum sama caramu mengatasi situasi ini. Kalau benar mama diam-diam membaca diary-mu, maka mamamu akan berpikir dua kali untuk mengulanginya lagi. Di sisi lain, karena mama udah membaca isi hatimu yang sejujurnya, maka pastinya terbuka juga jalinan komunikasi, jadi kamu bisa bicara jujur dan langsung pada mama sekarang.

Good luck, Girls! Kamu pasti bisa mengatasi kekesalanmu karena hal ini kok. Ingat ya, nggak perlu dipendam, karena nanti kamu malah merasa kesal sendiri. Lebih baik jujur, dan bikin perasaanmu jadi lebih plong!

Diary kamu pernah dibaca? Ceritakan caramu mengatasinya di kolom komentar yuk! Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu yang lain juga ya!

Related Articles

Healthy Mind
06 Aug 2019

Plus Minus LDR

Duuuuh, kangen banget nih! Tapi pacar jauh di sana, sementara kamu di sini sendirian. Hiks…. ...
Healthy Mind
16 Dec 2019

Sahabat Suka Gosip? Lawan Pakai 5 Cara Ini!

Kamu tentu aja menyayangi sahabatmu, tapi ada saatnya sahabat berperilaku negatif, bergosip dan menc...
Healthy Mind
22 Nov 2019

Bullying di Rumah? Memang Ada?

Kata siapa cuma teman atau orang lain yang bisa mem-bully? Keluarga dekat ternyata juga bisa melakuk...